Semangat Muharram Mencetak Generasi Qurani Inspirasi Ummat

tahun baru islam web

 

Hijrah adalah momentum perjalanan menuju kejayaan Islam yang membentuk tatanan masyarakat Islam, yang diawali dengan eratnya jalinan solidaritas sesama Muslim (ukhuwah Islamiyah) di seluruh nusantara dan dunia. Jalinan ukhuwah yang menciptakan integrasi umat Islam yang sangat kokoh itu telah membawa Islam mencapai kejayaan dan mengembangkan sayapnya ke berbagai penjuru bumi.

Kaum Muhajirin-Anshar membuktikan, ukhuwah Islamiyah bisa membawa umat Islam jaya dan disegani.  Bisa dimengerti, jika umat Islam dewasa ini tidak disegani musuh-musuhnya, menjadi umat yang tertindas, serta menjadi bahan permainan umat lain, antara lain akibat jalinan ukhuwah Islamiyah yang tidak seerat kaum Mujahirin-Anshar. Hal inilah mengapa konsep dan hikmah hijrah perlu dikobarkan dan diamalkan oleh umat Islam. Setiap pergantian waktu, hari demi hari hingga tahun demi tahun, biasanya memunculkan harapan baru akan keadaan yang lebih baik.

Islam mengajarkan, hari-hari yang kita lalui hendaknya selalu lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Dengan kata lain, setiap Muslim dituntut untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Allah SWT meningatkan dalam QS 59:18,  ”Hendaklah setiap diri memperhatikan (melakukan introspeksi) tentang apa-apa yang telah diperbuatnya untuk menghadapi hari esok (alam akhirat).” 

Pada awal tahun baru hijriyah ini, kita bisa merancang hidup agar lebih baik dengan hijrah, yakni mengubah perilaku buruk menjadi baik, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

”Muhajir adalah orang yang meninggalkan segala larangan Allah,” sabda Rasulullah. Kita ubah ketidakpedulian terhadap kaum lemah menjadi sangat peduli dengan semangat zakat, infak, dan sedekah.  Sehingga menjadikan konsep hijrah sebagai landasan perubahan individu yang membentuk perubahan kolektif dalam membangun peradaban bangsa indonesia.

Dalam memperingati 1 Muharram 1439,  Al Izzah mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk semakin meningkatkan semangat perjuangan umat islam dalam meraih kejayaan dan kemuliaan. Dengan tema ini diharapkan seluruh santri Al Izzah mampu mewujudkan semangat tersebut dalam meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Diantara kegiatan anah adalah diadakannya Festival Remaja Sholihah yang diadakan pada 21 September dan 3, 4 dan 5 Oktober 2017. Segala kegiatan bertujuan untuk semakin mengobarkan semangat dan daya juang santriwati dalam mencapai generasi terbaik umat islam di masa yang akan datang.