AINAN VIHA TUSAMMA SALSABILA

 sebuah mata air di surga yang dinamakan salsabil ” 

Pemilik nama yang diambil dari ayat AL Qur’an, surat Al Insan ayat 18 yang artinya “ sebuah mata air di surga yang dinamakan salsabil. “

Nama adalah doa. Orang tua ananda tentunya mempunyai harapan besar bahwa kelak ananda akan menjadi bidadari surga penuh kesejukkan laksana mata air salsabil.

Santri kelahiran Bojonegoro, 26 Juli 1999 ini merupakan putri dari pasangan Zahidin dan Siti Umi Rohmatin. Mempunyai hobi membaca dan menulis. Bercita-cita menjadi ahli gizi. “ Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain” demikian harapan ananda.

***

Suatu hari ananda melihat seorang ustadzah yang kesulitan membawa barang bawaan, kemudian dengan penuh tawadhu’ ananda menawarkan bantuan untuk membantu membawakan. Meskipun ustadzah tersebut awalnya menolak, namun ananda tetap mendesak untuk membawakan. “ Jazakillah khoiron.. , siapa nama anti?” Tanya ustadzah. Sambil tersenyum ananda menjawab, “ saya biasa dipanggil ainun ustadzah “. “ Nama lengkap anti? “ tanya ustadzah lagi, “ Ainan Viha Tusamma Salsabila “ jawab ananda…

***

Alhamdulillah ananda telah dimudahkan oleh Allah SWT dalam menghafalkan Al Qur’an 30 juz. Di kelas pun ananda juga dimudahkan-Nya untuk menuntut ilmu sains. Rangking parallel 4 & 5 besar. Namun semua capaian itu, bagi ananda bukanlah sebuah prestasi atas kemampuan dirinya melainkan pemberian Allah yang justru semakin membuat ananda terpacu untuk mempersembahkan usaha terbaik di hadapan-Nya.

Tentang prestasi, menurut Ainan..

“ Sesuatu apa yang membuat orang jika mendapatkannya seakan-akan meningkatkan kualitas atau mutu dirinya?Prestasi.

Bagi saya, prestasi tidaklah selalu dilihat dari angka, tapi sebuah wujud. Orang yang berpretasi dalam angka (nilai) seharusnya mempunyai prestasi dalam wujud (akhlak). Ananda bercerita saat UTQ 4 juz (juz 30, 29, 28 dan 27), ananda menjawab 3 soal dengan benar dan 1 soal lainnya hanya bisa melanjutkan 1 ayat sehingga tidak mendapatkan nilai 100. Dari situlah ananda menyadari bahwa prestasinya bukanlah yang terukur dari nilai angka tersebut akan tetapi ketika ananda berhasil mengamalkan ayat-ayat Al Qur’an yang selama ini telah ananda hafalkan. Hafalan Al Qur’an yang berwujud pada amal, akhlak dan semakin taatnya kita kepada Allah.

Begitupun juga dengan pelajaran sains, ananda menceritakan saat Ujian Tengah Semester, mapel Kimia, ananda berhasil mendapatkan nilai tertinggi di kelas. Namun sekali lagi, bagi ananda itu bukanlah prestasi yang sesungguhnya, karena itu semua merupakan rezeki dan pertolongan Allah SWT.

Bagaimana dengan sosok idola ananda?

“ Jika idola adalah sesosok yang bisa menjadi panutan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, meskipun kita belum pernah bertemu langsung, maka siapa lagi kalau bukan RASULULLAH SAW?? Dan semua orang di sekeliling saya yang membuat saya tergerak untuk terus berhijrah di jalan-Nya. Mereka semua adalah idola saya. “

Kesan ananda selama belajar di Al Izzah

“Alhamdulillah sangat bersyukur karena selalu dikelilingi dan dibimbing oleh calon bidadari-bidadari surga”

Pesan ananda untuk kita semua…

“ Siapa orang yang benar-benar tahu berapa banyak pahalanya dan berapa banyak pula dosanya? Wallahu’alam. Sehingga, mari kita kerjakan kebaikan sebanyak-banyaknya. Berbuat baik sebanyak mungkin karena kita tidak tahu amal mana yang akan diterima oleh-Nya. Apa yang bisa kita lakukan saat ini? Banyak. Berbakti pada orang tua, taat kepada ustad/ustadzah, ramah pada kakak & adik kelas, tidak ramai di masjid dan masih banyak lagi. Jangan sampai kita melakukan amal tapi terhapus oleh dosa. Ingat selalu hadist Rasulullah SAW, “ Kebaikan itu adalah akhlak yang baik dan dosa itu adalah yang merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui orang lain.” (HR. Muslim)

Inilah salah satu sosok santri teladan untuk kita semua. Sebagaimana namanya, “ Ainan Viha Tusamma Salsabila” selalu menyejukkan dengan akhlak dan kepribadian Islaminya. Menjadikan prestasi tertinggi hanyalah di hadapan-Nya. Semoga menginspirasi kita untuk terus menebar kebaikan sebanyak-banyaknya & meraih prestasi tinggi di hadapan-Nya. (weta, AKTIF)

ainan fihaaa