Bakat dan Fokus Satu Bidang Keilmuan Kunci Sukses Masuk PTN

2

Masuk perguruan tinggi favorit sesuai dengan keinginan merupakan idaman setiap siswi menegah atas. Tidak terkecuali siswi SMA Al Izzah. Pertanyaanya bagaimana bisa masuk perguruan tinggi favorit sesuai dengan keinginan dengan mudah? Jawabanya Memiliki bakat tertentu, konsentrasi sesuai bidang keilmuan, dan kompetensi diri yang kita miliki.  Bakat tersebut lebih penting dari minat.

Hal tersebut yang disampaiakan Dr. Achmad Muwafiq, S.Sos., M.Kom Dosen Komunikasi dari Universitas Brawijaya Malang yang memberikan motivasi sekaligus tips bagaimana masuk perguruan tinggi favorit sesuai dengan keinginan. Acara yang dihelat pada Kamis, 23 Februari 2017 tersebut diikuti oleh   siswi SMA Al-Izzah Batu.

Agenda yang dilaksanakan di Mega Hall tersebut selain membemberikan motivasi, juga menumbuhkembangkan serta memupuk kepercayaan diri siswi terhadap kemampuan dan kelebihan  yang dimiliki masing-masing siswi. Manusia itu hidup dengan kelebihan dan bakat yang dimilikinya, sebagai contoh seniman hidup karena seninya, dan contoh lainnya.

Beliau juga berharap, mungkin alangkah baiknya seorang santri yang bakat di bidang tahfidz, mungkin lebih baik menekuni bakatnya tersebut. Sebisa mungkin tidak disibukkan dengan yang lain. Bakat tahfidz tersebut yang akan mengantarkan mereka masuk perguruan tinggi yang diharapkan, selain itu  nanti akan menjadi jalan kehidupannya untuk meraih sukses di kemudian hari. Begitu juga bakat yang lain jika diseriusi akan mengantarkan kesuksesannya, Ungkap Ustadz Muwafiq selaku motivator sukses.

Selain itu yakin, berikhtiar dan bertawakkal pada Allah juga menjadi kunci keberhasilan. Ikhtiar diawali dari menganalisa diri, baik dari segi kelebihan dan kekurangan masing-masing individu, sehingga PTN beserta jurusan yang telah ditargetkan bisa terukur dan tercapai dengan baik.

1

Senada dengan hal tersebut Bpk. Taufik, S.T, M.Kom dan Bpk. Barry Nuqoba, S.Si, M.Kom. selaku Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR Surabaya, mengungkapkan bahwa semangat juang juga sebagai penentu kesuksesan masuk PTN yang diinginkan. Hal tersebut dilaksanakan  di Mega Hall pada 24 Februari 2017 yang dihadiri 88 santri SMA Al Izzah.

Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa teknik pendaftaran, proses seleksi, hingga pembiayaan pada setiap jurusan di UNAIR baru patut diketahui.  Selain itu pengurangan kuota dari 75% menjadi 50% peserta Jalur SNMPTN yang telah ditentukan oleh sistem (komputer) PMB pusat pada sekolah  terakreditasi A, seperti SMA Al-Izzah Batu, yang sudah mendaftarkan seluruh siswanya. Harapnya siswi tetap semangat dan berjuang di jalur SBMPTN. (O2,Pr,And).