Al-Izzah Inspirator Sekolah Tahfidz Di Indonesia

kota Batu- Ujian tahfidz 15 juz sekali duduk yang dilaksanakan Pesantren Al Izzah menjadi inspirator sekolah tahfidz di Indonesia. Ujian tersebut dilaksanakan di Graha Aliyah Al Izzah mulai pukul 07.30 WIB  hingga selesai. Belvatilda Jenidan Mudjiono menjadi inspirator awal ujian tahfidz yang bisa memberikan rahmatan lil alamin.

Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Supriyadi, kasi pembinaan Madrasah (PeMa) sekaligus mantan kasi Pontren dan KaIs Kemenag Kota Batu dalam pembukaan Ujian tahfidz 15 juz sekali duduk santriwati Belvatilda. Bapak Supriyadi juga menyampaikan bahwa dengan Al Quran mempermudah semua ilmu pengetahuan yang bisa dikembangkan. Selain itu hafalan Al Quran ini sangat membantu kantor Kemenag untuk menjaga kemurnian Al Quran.

Selain itu dengan memiliki hafalan Al Quran, yang bersangkutan akan memakaikan mahkota cahaya, pakaian dari perhiasan, dan dapar Ridlo dari Allah di hari kiamat. Selain itu di dunia yang bersangkutan dapat peluang beasiswa kuliah di dalam dan luar negeri terbuka luas.

Niatan menghafalkan Al Quran dan ujian ujian tahfidz 15 juz sekali duduk harapannya bisa dijalani dengan ikhlas, jangan semata karena sesuatu apalagi pujian, murni menjaga kalamullah, ungkap Ustadz, Maftuhin Ahmadi, M.Pd selaku Direktur pendidikan LPMI Al Izzah. Selain itu Bapak Mudjiono selaku orang tua mengungkapkan bahwa, Al Quran ini bisa membentengi diri dan tetap istiqomah di jalan dakwah melalui Al Quran. Belvatilda sendiri mengungkapkan bahwa Ujian tahfidz 15 juz sekali duduk membuat yang bersangkutan merasa takut, dan khawatir tidak bisa melaksanakan dengan baik.

Program Pengajian dan Santunan Al-Izzah Untuk Warga

Kota batu, hari Ahad tanggal 15 Oktober 2017 Lembaga Pendidikan Al-Izzah kembali bersinergi dengan warga desa sumberejo dan sekitar dalam acara Pengajian dan Santunan anak Yatim dan Dhuafa. Agenda tersebut diikuti oleh seluruh masyarakat desa Sumberejo, acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan sambutan panitia. Setelah itu dilanjutkan dengan Santunan Anak Yatim oleh Al-Izzah yang diwakili santri kelas 7, kelas 8 OSIS dan kelas 11 OSIS.

Acara selanjutnya adalah penyerahan Bantuan Operasional Kepada Panitia yang diwakili oleh Ustad Dawam, dan penyerahan Santunan untuk Duafa’ oleh Ustad maftuhin. Acara berlangsung dengan lancar, ini adalah agenda rutin setiap tahun yang diadakan oleh warga desa sumberejo dan menjadi agenda tahunan lembaga al izzah untuk bersinergi dengan warga sekitar pesantren. Acara dilanjutkan dengan pengajian oleh Ustad Arifin dan ditutup dengan do’a.

Dalam acara tersebut turut hadir Istri Wakil Wali Kota Batu Ibu Punjul Santoso, dihadiri oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa, semoga acara ini dapat Istiqomah di tahun berikutnya dan lebih semark lagi.

Study Banding Yayasan Bina Umat Mulia Yogyakarta

Kota Batu, puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya kepada kita semuanya. Berdasarkan hasil keputusan musyawarah panitia rihlah pondok pesantren Bina Umat Yogyakarta melaksanakan study banding dikampus peradaban Al-Izzah International Islamic Boarding School Batu pada hari senin, Tanggal 9 oktober 2017, acara dimulai pukul 08.00 – 10.30 wib dengan di ikuti sebanyak 219 peserta. Agenda orientasi kelembagaan di wakili oleh bidang humas dan sekretariat Al Izzah. Dalam paparannya menyampaikan tentang program kelembagaan dengan target capain out put, jaminan mutu dan prosedur oprasional kelembagaan. Di antara program tersebut al izzah memiliki program unggulan sebagai berikut: Program Unggulan SMA, Program IPA Hafalan Al Quran 15 Juz. Program IPS Hafalan Al Quran 15 Juz. Program Sukses UN-PTN favorit. Program TOEFL. Program Kuliah ke Luar Negeri, Program Student Exchange, Program School Culture, Program Dakwah Masyarakat. Adapun Prorgam Unggulan SMP sebagaimana berikut : Program Kelas Olimpiade Hafalan Al Quran 7 Juz, Program Kelas Internasional Hafalan Al Quran 7 Juz, Program Kelas Takhassus (Tahfidzul Quran) Hafalan Al Quran 15 Juz, Program Sukses UN dan USBN, Program Student Exchange , Program School Culture, Program Reading Culture, Program Ektrakurikuler Life Skill dan Program School Social Responsibility.

Setelah agenda pemaparan program-program yang ada di al izzah, acara dilanjutkan dengan surve fasilitas di Al Izzah, mulai dari sarana pendidikan , sarana asrama, sarana makan dan sarana yang lainnya.

Study Banding SMP Muhammadiyah 5 Surabaya ke Al-Izzah

Kota Batu, Sebanyak 20 orang perwakilan lembaga dan jajaran kepengurusan akademik SMP Muhammadiyah 5 Surabaya datang berkunjung ke al-izzah. Tepatnya pada  hari sabtu 05 Agustus 2017,  pesantren Al Izzah kedatangan tamu dari SMP  Muhammadiyah 5 surabaya untuk mengembangakan program kelas International, agenda pemaparan program dan dialog interaktif di pandu oleh bidang humas dan sekertariat Al Izzah ust Nur Faqih, M.Pd.I. Dalam dialoq yang cukup panjang, menjelaskan bagaimana proses pembelajaran program International yaitu mengunakan kurikulum Cambridge. Adapun  proses pembelajaran di jenjang SMP adalah menempuh waktu pembelajaran selama tiga tahun. Nilai lebih dari program Cambridge yaitu bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke luar negeri atau melanjutkan ke SMA faforit yang bersenergi mengunakan program tersebut. Al hasil dari dari dialaoq interaktif program International, SMP muhammadiyah 5 Surabaya ikut bergabung dan mengetahui lebih jauh tentang program Cambridge. Dengan semakin seringnya lembaga-lembaga sekolah datang ke al-izzah, semakin memperlihatkan bahwa al-izzah memiliki keunggulan dan menjadi sekolah rujukan. Semoga dapat selalu menjadi sekolah Inspirasi Kebangkitan Ummat terutama di Indonesia.

Orientasi Imunisasi dan Pelaksanaan Imunisasi di Al-izzah

Kota Batu – Alhamdulillah di hari jum’at, 29 September 2017 dengan bertempat di Megahall Al-Izzah, sebanyak 120 santri mingikuti kegiatan imunisasi Campak Rubella. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari imunisasi tahap pertama yang dilaksanakan di puskesmas/rumah sakit terdekat di Kota Batu. Kegiatan ini adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat utamannya mengurangi dan mencegah penyebaran Campak Rubella.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan sekolah terhadap program pemerintah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Langkah yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan rakyatnya yaitu dengan imunisasi. Satu diantara imunisasi yaitu pencegahan campak dan Rubella (MR). Imunisasi dan vaksinasi tersebut dilaksanakan di sekolah atau Puskesmas. Hal tersebut ditujukan kepada siswa Sekolah dasar (SD) dan SMP.

Membangun Semangat Persatuan Umat Islam Melalui Peduli Rohingya

Sebagai sebuah lembaga Islam, Al Izzah berupaya menjadi bagian dari perjalanan umat islam yang turut serta dalam membangun perjuangan islam menjadi umat yang bermartabat. Untuk membentuk generasi terbaik maka harus diawali dengan mengkader guru-guru terbaik melalui program pembinaan, diantaranya adalah program pembinaan keislaman yang salah satu bentuknya adalah kegiatan halaqoh berisi kajian-kajian perkembangan umat Islam. Kajian tersebut di sampaikan oleh Ustadz Andre Kurniawan di agenda rutin Halaqoh. Halaqoh yang dilaksanakan di Graha Aliya tersebut diikuti oleh ustadz- ustadzah LPMI Al Izzah. Pengajian bertema “ Selamatkan Muslim Rohingnya”. Kegiatan tersebut  dimulai pukul 07.30 hingga 09.00 WIB.

“Ada beberapa langkah kita sebagai pendidik sekaligus Ummat Islam untuk memberikan kontribusi kepada mereka, diantaranya: Membaca Qunut Nazilah, berdoa, jihad, aksi solidaritas, dan share berita Rohingnya”, ungkap Ustadz, Andre di hari Sabtu dalam penyampaian materi kajian tentang perkembangan umat Islam.

ON THE WAY TO FINAL EXAM Learning Visit Program

learning visit SMA

Selasa, 26 September 2017. Di tengah tengah sibuknya kelas 12 mempersiapkan Ulangan Akhir Semester. Melalui program sekolah, Grivenda Gisentior sebutan nama angkatan, mengadakan Learning Visit ke Universitas Jember.

Program tersebut Alhamdulillah sudah berjalan rutin beberapa tahun terakhir. Namun sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu mengadakan kunjungan ke bagian Rektorat, untuk tahun ini Learning Visit di Universitas Jember dilakukan lebih spesifik, yakni untuk program IPA melakukan kunjungan di Fakultas Kedokteran Gigi dan untuk program IPS melakukan kunjungan ke Fakultas Hubungan International. “ Seru banget acaranya kemarin, Alhamdulillah dengan adanya acara tersebut bisa menambah wawasan kita tentang jurusan jurusan dan mengetahui kelebihan universitas tersebut, kita juga bisa tahu secara real bagaimana lingkungan dan suasana di perkuliahan secara langsung. Jadi nggak sabar Learning Visit ke Surabaya sedet rumah. Hehe” kata Farah Aimatur saat ditanya tentang acara Learning Visit tersebut. “Alhamdulilah, senang sekali bisa berkunjung kesana, setidaknya ada sedikit gambaran tentang dunia perkuliahan nanti, walaupun capek di perjalanan tapi acaranya seru banget dan InsyaAllah sangat bermanfaat” timpal Ratna.

Perjalanan dimulai hari Selasa 26, September 2017 dini hari, tepatnya pukul 03.15 menggunakan dua bis berisi 103 santriwati, 3 ustadzah dan 3 ustadz yang mendampingi. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 8 jam di lanjutkan dengan dengan makan siang dan sholat Duhur. Acara di Universitas Jember dimulai pukul 13.15.

learning visit SMA 2

Untuk program IPA kunjungan diadakan langsung di gedung utama Fakutas Kedokteran Gigi. Pembukaan acara dilakukan di Hall Fakultas Kedokteran Gigi. Kami disambut baik oleh Badan Eksutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari drg. R. Rahardyan P., M. Kes.  Sp. Pros sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pimpina Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember. Tak ketinggalan Ustadz Noor Haryanto S.Si juga mengisi sambutan sekaligus memperkenalkan SMA AL-IZZAH. Pengenalan Universitas, Fakultas maupun Jurusan khusunya kedokteran gigi dilakukan oleh BEM FKG sendiri, yang dilanjutkan dengan Wiyata Mandala ke Tempat belajar, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, dan Laboratorium FKG milik Universitas Jember. Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dan makan malam di Universitas Jember.

Mengingat waktu yang sudah hampir maghrib kami segera berangkat pulang menuju AL-IZZAH. Perjalanan pulang dimulai ba’da maghrib setelah melaksanakan sholat berjamaah di masjid Al-Hikamah Universitas Jember dan Alhamdulillah sampai di Al-Izzah puku 01.00 dini hari. (Rabu, 27 September 2017).

Perjalanan panjang dan melelahkan ini bukan menjadi alasan kami untuk tidak belajar mempersiapkan Ulangan Akhir Semester yang akan diadakan hari Jumat besok ( 29 September 2017). Kegiatan Belajar Mengajarpun dimulai kembali pukul 09.00 pagi dan kelas sorepun berjalan sebagaimana semestinya.

Semoga dengan adanya acara Learning Visit ke Universitas Jember kemarin dapat membuat semangat belajar temen temen dari GRIVENDA GISENTIOR terus meningkat. Tidak hanya semangat belajar, tetapi juga semangat ibadah dan kemantapan niat akan tujuan untuk umat yang akan kami emban setelah lulus nanti. Yak, seperti SALAM SUKSES! Sukses Beribadah Sukses Berprestasi. Semoga Allah selalu memudahkan segala urusan kita.

Kembali Raih Prestasi, Santri Al Izzah Juara Lomba Miniatur Pemberitaan

juara smp ss

Batu- Dinas Pendidikan Kota Batu kembali menggelar perlombaan untuk semakin meningkatkan kreatifitas guru dan siswa. Senin 18 September 2017, bertempat di Graha Pancasila, Dinas Pendidikan Kota Batu menyelenggarakan Lomba Miniatur Pemberitaan Hasil Pembelajaran. Lomba tersebut berlangsung selama dua hari, terhitung tanggal 18 September 2017 hingga 19 September 2017.

Pada perlombaan kali ini, seluruh SMP di Kota Batu wajib ikut serta meramaikan perlombaan ini. Sekitar 29 SMP berpartisipasi dan berkompetisi bersama untuk meraih juara. Lomba Miniatur Pemberitaan Hasil Pembelajaran masing-masing terdiri dari beberapa tim yang mewakili sekolah tertentu. Satu tim terdiri dari enam anggota yang meliputi empat siswa dan dua guru. Baik siswa dan guru saling bekerja sama menyelesaikan sebelas rublik.  Kesebelas rublik tersebut antara lain, menulis berita, laporan utama, resensi buku, menggambar karikatur, komik, dan lain-lain.

Dalam perlombaan kali ini, SMP Al Izzah mengirimkan enam delegasi untuk ikut serta dalam Lomba Miniatur Pemberitaan Hasil Pembelajaran. Keenam perwakilan sekolah tersebut terdiri dari dua guru yaitu Ustadzah Nova Hida W dan Ustadzah Uyunun Safira. Kemudian empat santri SMP Al Izzah yang berkesempatan mengikuti lomba ini adalah M. Isaura Ranti W, Sabrina Rahmadia Yunar, Bintu Tsani Hauna Niswah, dan Hana Habiba Suwadi.

Melalui doa dan kerja keras bersama, tim SMP Al Izzah berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Miniatur Pemberitaan Hasil Pembelajaran. Selama dua hari berturut-turut tim Al Izzah berusaha menjaga komitmen dengan berusaha merampungkan sebelas rublik yang dilombakan.

“Alhamdulillah, dengan segenap doa dan usaha, SMP Al Izzah mampu membawa pulang piala sebagai pemenang juara 3 pada kompetisi kali ini. Secara umum, lomba ini menuntut para siswa dan guru untuk membangun kerja sama dan kreatifitas menjadi seorang jurnalis. Kami mengikuti serangkaian konferensi pers untuk kemudian menulisnya melalui berita dan laporan utama,” ujar Ustadzah Fira.

Melalui prestasi ini, diharapkan santri-santri Al Izzah bisa terus terpacu untuk maju dan berkembang. Perlombaan sejatinya merupakan jalan bagi para santri untuk menakar diri dan meningkatkan jiwa kompetitif sehingga mereka dapat bersaing dalam meriah prestasi yang gemilang.