Membuka Pendaftaran Santri Baru Gelombang II SMA Putra

Pendaftaran SMP PUTRA TUTUP, SMP & SMA PUTRI TUTUP.

Untuk memenuhi kuota dan memberi kesempatan kepada yang ingin mendaftar pada program  SMA Putra, kami membuka kembali pendaftaran Gelombang ke-2. Untuk waktu pelaksanaan gelombang ke-2  SMA pendaftaran dimulai pada bulan Januari – Maret 2018. Pendaftaran dapat melalui online ataupun langsung datang ke kantor sekretariat al-izzah.

Untuk Pendaftaran ONLINE silahkan klik sesuai dengan jenjang pada link dibawah ini:

Ujian Kenaikan Kelas Santri SMP-SMA Al-Izzah

Al Izzah Pagi Hari – Ujian kenaikan kelas telah mengawali aktifitas santri al-izzah. Suasana hening di dalam kelas serasa hikmat dengan didampingi hembusan angin ditengah musim kemarau di kampus yang asri di lereng bukit di Kota Batu. Ujian tengah kenaikan kelas serempak dilaksanakan. Ujian SMP dimulai tanggal 21 hingga tanggal 29 Mei 2018, sedangkan SMA tanggal 21 hingga tanggal 31 Mei 2018. Hari pertama ujian terlaksana dengan baik, santri mempersiapkan perlengkapan dengan baik dan mengikuti ujian dengan cermat.

Dengan mengikuti ujian tersebut diharapkan santri mampu untuk mengukur tingkat kemampuan belajar dalam bidang akademik, yang nantinya akan dilaporkan pada saat penerimaan raport. Semoga ujian kali ini santri mampu mendapatkan hasil yang terbaik.

SMA Al Izzah Peringkat I Unas Se-Malang Raya, Nilai IPA Bulat 100

SMA Al Izzah menjadi peringkat pertama Unas tahun 2018 Se-Malang Raya. Hal tersebut sekaligus menjadi peringkat ke tujuh se-Jawa Timur di atas SMA Negeri 3 Malang yang menjadi peringkat ke sembilan. Di dalam hal ini program yang unggul adalah mata pelajaran IPS, sedangkan untuk IPA SMA Al Izzah memperoleh peringkat ke-17 se-Jawa Timur.
Keunggulan yang diperoleh lain khususnya mata pelajaran IPA, ada tiga anak yang mendapat nilai sempurna, yaitu 100. Mereka adalah Arinni Dewi Ambarningrum kelas 12 IPA 1 asal dari Surabaya, selanjutnya Maimanah Zumaro Ummi Faiqoh siswi kelas 12 IPA 1 asal Bangkalan, ketiga, siswi atas nama Ratna Isti Utami kelas 12 IPA 2 asal Nganjuk . Maimanah mendapatkan nilai rata-rata tertinggi IPA yang mendapat nilai 361,5, disusul kemudian siswi atas nama Nisrina Nursyiana kelas 12 IPS 1 asal Kediri mendapat nilai rata-rata tertinggi IPS yaitu 351,5.
Terkait hasil nilai ini tidak lepas dari usaha dan doa. Usaha yang dilakukan melalui proses yang maksimal (KBM yang disinergiskan dengan ibadah) yang disesuaikan dengan style Al Izzah melalui evaluasi setiap tahunnya. Strategi yang lebih jitu dgn memahami karakter setiap anak kelas 12 yang setiap tahun selalu berbeda di samping itu perlu pendekatan yang intensif oleh guru ke siswa dengan arahan langsung dari kepala sekolah selaku penanggung jawab.
Di samping itu kerjasama yang terus menerus atau istiqomah ditingkatkan antara sekolah dengan lembaga, support doa dan program terarah yang telah ditentukan oleh sekolah. Kontrol langsung secara kontinu amat penting dari kepsek terkait pelaksanaan program dan interaksi langsung dengan siswa dan guru. Selain itu harus selalu mengikuti informasi dan kebijakan terbaru sehingga dapat menyesuaikan situasi dan kondisi. Berikutnya evaluasi program secara rutin setiap minggu diadakan program program penunjang. Terakhir kenyamanan sekolah, guru, dan siswa selalu dikondisikan agar proses pelaksanaan program bisa maksimal, ungkap Ustadz, Noor Haryanto, S.Pd selaku kepala SMA Al Izzah.

Strategi Langit dan Bumi Sebagai Langkah Hadapi UNBK

Hidup adalah ujian, itulah yang tertera dalam Q.S As Shaffat ayat 106 yang artinya: Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Berbagai strategi atau langkah dilakukan seseorang untuk menghadapi suksesnya sebuah ujian tersebut. Diantaranya srategi dunia dan langit. Strategi dunia meliputi belajar dan menghadapi masalah melalui menyelesaikan setiap persoalan. Sedangkan strategi langit meliputi, istiqomah sholat wajib, sunah, sodaqoh, dan amalan-amalan yang lain, seperti santunan dan motivasi.

Itulah yang dilakukan santri Al Izzah dalam menghadapi ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan Senin hingga Kamis 23-26 April 2018. Hari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian matematika, selanjutnya bahasa Inggris, dan terakhir IPA. Mereka setelah belajar secara maksimal, untuk menyempurnakan syariatnya dengan melakukan kunjungan ke pesantren Ar Ridwan Mojorejo yang diasuh oleh Ustadz Yakub. Kunjungan ke panti asuhan tersebut dlaksanakan pada hari Jumat (20/4) yang dikuti 131 siswi beserta sekitar 10 ustadz dan ustadzah.

Selain itu mereka juga mendapatkan motivasi dan pencerahan dari KH Munir Fathullah, pengasuh Pondok pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa Darush Sa’adah Kota Batu. Di dalam motivasinya beliau bercerita terkait raja yang baik dan kurang baik yang intinya apa yang baik menurut manusia belum tentu terbaik menurut Allah, begitu juga apa yang diianggap tidak baik menurut manusia belum tentu tidak baik menurut Allah. Garis besarnya apapun yang terjadi pada manusia itu semua terbaik menurut Allah.

SMA Al-Izzah Sukses SNMPTN 2018

Perasaaan berdebar-debar menyelimuti pikiran dan hati kepala SMA Al-Izzah beserta jajarannya ketika menunggu mengumuman SMPTN. Jawaban itu terjawab ketika satu persatu nama siswa muncul diterima di perguruan tinggi dambaan mereka. Perasaan gembira bercampur tidak percaya terpenuhi ketika beberapa siswa muncul dalam pengumuman tersebut sekalikus menjawab pertanyaan besar yang selama ini mereka tunggu.

Sejumlah 29 siswa SMA Al-Izzah sukses Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan. Pengumuman tersebut didiakses pada hari Selasa (17/4) di laboratorium Komputer Al Izzah Batu. Ada sejumlah 14 siswa jurusan IPS dan 15 santri jurusan IPA. Mereka tersebar di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Diantaranya 29 siswa yang lolos di SMPTN tersebut, rinciannya: 14 siswa masuk Universitas Brawijaya Malang, 7 siswa masuk Universitas Airangga Surabaya, 4 siswa masuk Universitas Pendidikan Nasional, 2 siswa lolos Universitas Teknologi Surabaya, I siswa masuk Institut Pertanian Bogor, dan sisanya lolos di Universitas Negeri Surakarta. Dengan data sebagai berikut :

Hasil SNMPTN SMA Al-Izzah Tahun 2018

NO NAMA SISWI PILIHAN JURUSAN PTN
1 SAKINAH JAMAL THALIB PENDIDIKAN DOKTER UB
2 FADHILA NUR ILAHI PENDIDIKAN DOKTER UNS
3 ATHALLAH BUNGA SALSABILLA PENDIDIKAN DOKTER GIGI UB
4 AISYAH MARATUS SHALIHAH ILMU FARMASI UB
5 SURMA NURUL AINI AGRONIMI – HORTICULTURA IPB
6 TASYA PERMATA AFIFAH ILMU GIZI UB
7 NAUFAL ALIFEYA PRAHMONO ILMU AGRIBISNIS UB
8 WENNY DEWANTI AGRO EKOTEKNOLOGI UB
9 ZAHROTUL MILLAH TEKNIK INFORMATIKA ITS
10 AUDREY ARDELIA TEKNIK INFORMATIKA UB
11 TSANIA FITRI AMINUDDIN TEKNIK INDUSTRI UB
12 FIDELA ROSSA AMALIA TEKNIK ARSITEKTUR UB
13 LUTFIA RIMA SAFIRA TEKNIK KIMIA UPN
14 SHALITA NAFISAH PUTRI WAHYUDHIE KIMIA ITS
15 BALQIS QONITA PUTRI BIOLOGI UNAIR
16 SHERINA ILMU AKUNTANSI UPN
17 ARIFAH BALQIS ISLAMI ILMU MANAJEMEN UNAIR
18 NABILA SYUKRANI DARWIN ILMU MANAJEMEN UB
19 ALDA NUANSA PUTRI EKONOMI ISLAM UNAIR
20 ARINA TIARA FORTUNA EKONOMI ISLAM UB
21 EKA ARISTA WIDYA EKONOMI SLAM UB
22 IDA NUR AZIZAH ILMU HUKUM UNAIR
23 NAFISYA KHAIRANA HAIDAR ILMU HUKUM UPN
24 SAYYIDAH SHOFIA SALSABILA ILMU POLITIK UNAIR
25 AFIFATUL LAILI RAHMADANI ILMU KOMUNIKASI UPN
26 LIZHA DZALILA QURROTA AYUN ILMU KOMUNIKASI UPN
27 CAHYANING IMANI PEND BAHASA & SASTRA INGGRIS UB
28 HAFSHAH JIHAN KHAIRUNNISA ILMU SEJARAH UNAIR
29 FAIRUS SHAFIRA HAKIM ADMINISTRASI KEPENDIDIKAN UB

 

TAHUN 2018 : TAHUN 2018 : JUMLAH SISWI 103, NOMINASI SNMPTN = 50 % x 103 = 51

SISWI SUKSES DITERIMA = 29 SISWI PROSENTASE YANG DITERIMA 29/51 x 100 % = 57 %

TAHUN 2017 : JUMLAH SISWI 88, NOMINASI SNMPTN = 50 % x 88 = 44

SISWI SUKSES DITERIMA = 22 SISWI PROSENTASE YANG DITERIMA 22/44 x 100 % = 50 %

 

 

 

Doa Bersama jelang USBN dan UNBK

Berbagai cara dilakukan untuk memudahkan langkah meraih prestasi. Diantaranya usaha dan doa. Begitu juga di Al-Izzah, untuk memudahkan menghadapi ujian diadakan doa bersama menghadapi Ujian Sekolah Berstandart Nasional (UNBK), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baik bagi siswa SMP dan SMA.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah wali santri kelas 9 dan 12 yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 7 April untuk siswa SMA dan Sabtu tanggal 08 April 2018 untuk siswa SMP. Agenda tersebut dilaksanakan di Mega Hall mulai pukul 19.30-21.30 WIB. Pelaksanaan doa bersama diawali dengan makan malam bada sholat magrib.

Kemudian dilanjutkan sholat isya berjamaah, kemudian disambung pembukaan, sambutan perwakilan santri, wali santri, pimpinan LPMI, pemaparan program-program sukses USBN dan UNBK dan doa penutup. Agenda tersebut dihadiri hampir seluruh wali santri dari berbagai daerah. Dengan adanya agenda tersebut diharapkan bisa memudahkan siswa dalam mengikuti ujian dan dengan harapan bisa meraih hasil yang terbaik.

SMPAl-Izzah Peringkat I OSN Matematika dan IPA Se-Kota Batu Tahun 2018

Prestasi membanggakan kembali diukir santriwati Al-Izzah di Olimpiade Sains Nasional yang diadakan oleh lembaga pendidikan Kota Batu. Ada dua santri yang mendapatkan peringkat pertama di olimpiade tersebut. Mereka adalah Adilatul Aila yang mewakili mata pelajaran Matematika dengan mendapat poin 42, sedangkan Adlin Arum Anindita mendapat amanah di bidang IPA yang jauh mendapat point tertinggi yaitu 125, sedangkan lawannya  tertinggal jauh di bawahnya, yaitu 80 point.

Kedua santri tersebut mendapat peringkat I OSN di bidang Matematika dan IPA Se-Kota Batu  Berdasarkan hasil tersebut, mereka berdua berhak lolos ke babak selanjutnya, yaitu OSN tingkat Propinsi Jawa Timur. Prestasi tersebut diharapkan bisa memberikan semangat juang lebih kepada yang bersangkutan dan teman yang lain untuk tak ada hentinya berprestasi.(foto:memo.com)

Mengintip Agenda Student Exchange Santri SMP

Sebanyak 124 siswi kelas 8 sedang mengikuti agenda Student Exchange Nasional dan Internasional. Santri terbagi menjadi dua kelompok dengan rinciannya 88 anak mengikuti program SE Internasional, sisanya yang 36 siswi mengikuti student exchange Nasional,. SE Internasional dilaksanakan diluar negeri yaitu di Malaysia, dan agenda student exchange Nasional adalah bertempat di Pondok Pesantren Ibnu Abbas dan Gontor Putri 1 Mantingan Ngawi.

Acara student exchange dilaksanakan selama satu Minggu, mulai tanggal 25-31 Maret 218. Pelaksanaan program rutin tahunan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman santri, tentang  bagaimana menempuh ilmu baik tahfidz al-qur’an ataupun bahasa inggris diluar al-izzah. Sehingga santri memperoleh ilmu baru yang belum ada di al-izzah dan mampu mengkombinasikan keduanya semata-mata untuk memperoleh hasil yang baik, ungkap Ustadz Uteb Syahrul Karim, M.Pd.I selaku ustadz pendamping student exchange nasional. Selain yang diungkapkan ustad Uteb program student exchange merupakan penerapan langsung ilmu yang didapat oleh santri al-izzah terhadap lingkungan baru.

Bakti Sosial Bersama Warga Desa Sumberejo

Al-Izzah adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki 7 pilar atau yang biasa disebut school culture, salah satunya adalah peduli pada sesama. Yang artinya Al-Izzah membiasakan para santrinya untuk peka terhadap keadaan disekitarnya. Al-Izzah pun mengajarkan para santriwatinya untuk senantiasa berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Oleh karena itu, pada Hari Sabtu, 10 Maret 2018, Al-Izzah mengadakan bakti sosial yang insyaallah sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya. Pada tahun ini, bantuan yang di salurkan berupa bingkisan sembako dan santunan pendidikan.

Acara ini dimulai ba’da shalat dhuhur atau pukul 12.30 WIB. Acara dibuka dengan sambutan ketua OSIS, Halida Adib Hanum, selaku ketua koordinator acara. Selanjutnya, sambutan oleh Ustadz Nur Faqih.

Pada kesempatan kali ini ada 134 partisipan yang hadir dalam bakti sosial. Yaitu 100 orang penerima bingkisan sembako serta 34 anak mendapat santunan Pendidikan. Dominasi pemberian santunan Pendidikan adalah kepada siswa SD.

Bakti sosial berlangsung meriah dan penuh dengan keceriaan. Acara selesai pada pukul 14.00. semua partisipan kembali pulang ke tempat tinggal masing-masing dengan senang hati dan rasa terimakasih yang besar terhadap Al-Izzah.

Setelah acara bakti sosial ini selesai, diharapkan tidak ada lagi warga Desa Sumberejo yang kekurangan, dan semoga Al-Izzah selalu dimudahkan untuk istiqomah mengadakan acara bakti sosial

Santri SMP Al Izzah Juarai Lomba Implementasi Budaya Baca

Batu- (29/03/2018) Santri SMP Al Izzah kembali meraih prestasi sebagai Juara II Lomba Implementasi Budaya Baca Melalui Uji Cerdas Pelajar SLTP/MTs Tingkat Kota Batu. Lomba ini diikuti oleh Tim SMP Al Izzah yang terdiri dari Bintu Tsani Hauna Niswah, Zhafirah Auliarahma,dan Khansa Haura Inas Dzakiyyah.

Pada ajang kali ini, Lomba Implementasi Budaya Baca mempertemukan 12 SLTP/ MTs se-Kota Batu yang saling berkompetisi membuat resume buku pahlawan nasional. Peserta juga dituntut mahir mempresentasikan materi yang telah mereka persiapkan untuk dipresentasikan di hadapan dewan juri. Kemudian para peserta akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari dewan juri terkait hasil resume buku dan pandangan peserta lomba atas nilai-nilai kepahlawanan yang dapat diteladani dari tokoh pahlawan tersebut.

“Ini adalah pengalaman pertama kami mengikuti Lomba Implementasi Budaya Baca. Alhamdulillah presentasi berjalan dengan baik. Walaupun kami mendapatkan beberapa pertanyaan yang cukup sulit, kami tetap bersemangat dan berusaha menjawab sebaik mungkin,” ujar Zhafirah Auliarahma, salah satu anggota tim dari SMP Al Izzah.

Peserta tidak hanya diminta untuk membuat resume dan presentasi semata, di akhir sesi para pesera bisa membawakan yel-yel yang mereka buat sebelumnya. Yel-yel tersebut berisikan lirik untuk memberikan semangat dan motivasi agar para siswa semakin rajin dan giat membaca buku.

Budaya literasi merupakan salah satu program dari pemerintah untuk membangun kebiasaan membaca bagi para pelajar. Membaca merupakan langkah awal untuk memahami sebuah pengetahuan. Dengan membaca buku, manusia bisa terus menambah wawasan dan ilmu.

“Lomba Implementasi Budaya Baca merupakan kompetisi yang sangat positif. Siswa bisa mengasah ulang pemahaman mereka terhadap buku yang dibaca dengan rentetan pertanyaan untuk semakin menguji daya ingatnya. Alhamdulillah, Santri SMP Al Izzah turut berpartisipasi pada ajang ini dan berhasil membawa piala sebagai juara dua,” papar Ustaza Fira, pembina kelas olimpiade Bahasa Indonesia.