SMA Al-Izzah Kembali Raih Juara II Olimpiade Bahasa Inggris

Seminggu penuh prestasi, santri SMP dan SMA al-izzah semakin memantabkan diri menjadi sekolah favorit dengan deretan prestasi luarbiasa. Setelah selang 2 hari santri SMP memborong juara dari beberapa ajang perlombaan, kali ini giliran santri SMA yang ikut meraih beberapa juara dalam 2 ajang perlombaan.

Nadhira Salsabila berhasil mendapatkan Juara 2 Olimpiade Bahasa Inggris se Jawa Timur , dan ananda Annida Amalia, Kansa Hasri, Firzanatus Salma mendapatkan Juara Harapan 3dalam ajang Forsta Airlangga 2018. Hingga saat ini santri SMA al-izzah terus berupaya ikut dalam segala bidang perlombaan dan tentunya akan berusaha mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan diraihnya prestasi demi prestasi, diharapkan mampu untuk tetap menumbuhkan jiwa berjiwa juang tinggi dan pantang menyerah dalam menggapai prestasi dan menuntut ilmu. Sehingga mampu menjadi teladan bagi santri yang lain dan generasi muslimah pada umumnya. Andil seorang santri dalam mencapai kemenangan dalam sebuah perlombaan adalah sebuah wujud bahwa kita sebagai Ummat Islam Generasi Milenial Rabbani yang mampu bersaing dalam bidang Ilmu pengetahuan dan Teknologi, dan siap melahirkan generasi Islami yang berwawasan global dan berdaya saing global.

 

 

 

 

 

 

Al-Izzah Borong Piala OMAFISIOS Se-Jawa Timur

Prestasi kembali diraih santriwati Al-Izzah di ajang Olimpiade Matematika, Fisika, Biologi, Sosial (OMAFISIOS) pada hari Minggu, 07 Oktober 2018. Olimpiade yang diprakarsai oleh OSIS SMAN 2 tersebut mengantarkan Adilatul Alia mendapat juara 3 di bidang matematika, Adlin Arum Anindita mendapat juara III di bidang fisika, Nailah Mutiara, Tripandia mendapat peringkat ketiga di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, sedangkan Nayla Putri Wilanitya harus menerima di peringkat harapan satu di mata pelajaran biologi.

Perolehan prestasi santri Al Izzah ini diharapkan bisa semakin berprestasi dalam biidang olimpiade masing-masing dan bisa menggali pengalaman dari kompetitornya yang lebih luas untuk mengharumkan Islam, ungkap pendamping lomba, dalam hal ini, ustadzah Vita F, Ustadzah Tutik M, Ustadzah Ayuni A, dan Ustadzah Novita A.A,

 

Keisha Agnantia, Juara 1 Lomba Menulis Cerpen Tingkat Jawa Timur

Juara 1 Tingkat Jawa Timur, Santri SMP Al-Izzah Menangi Lomba Menulis Cerpen Berlatarbelakang Sejarah

Batu- (23/8/2018) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengadakan serangkaian lomba pada Festival Tantular 2018. Salah satu perlombaan yang diikuti santri SMP Al Izzah IIBS Kota Batu adalah lomba membuat cerpen berlatarbelakang sejarah. Keisha Agnantia Az Zahra berhasil memperoleh Juara 1 pada ajang tersebut.

Lomba menulis cerpen berlatarbelakang sejarah yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa ini diikuti oleh 38 Kabupaten. Lomba ini diselenggarakan untuk semakin meningkatkan bakat dan minat siswa dalam hal literasi sekaligus menjadi media untuk siswa agar lebih peduli dan belajar tentang sejarah nusantara.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia dengan prestasi ini. Semua ini berkat rahmat Allah, usaha, dan ikhtiar yang terus-menurus oleh pembina kelas Olimpiade Bahasa Indonesia. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi selain mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT,” ujar Keisha Agnantia Az Zahra, pemenang juara 1 lomba menulis cerpen di ajang Festival Tantular 2018.

Para peserta yang berkompetisi terdiri dari siswa tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se Jawa Timur. Namun untuk pemenang lomba, ditentukan berdasarkan tingkat pendidikan masing-masing peserta. Semoga dengan pencapaian yang saat ini telah diraih santri SMP Al Izzah IIBS Kota Batu, dapat memberikan motivasi agar tetap terus berproses dan berpreatasi bersama.

MGMP IPA Kabupaten Mojokerto Study Visit Ke SMP Al-Izzah Batu

Pada hari seni Tanggal  17 september 2017 pukul  09.30 WIB. Kampus Al-Izzah kedatangan tamu agenda studi visit , studi visit merupakan suatu kegiatan kunjungan di kampus Al-Izzah untuk mempelajari beragam aspek yang dilakukan oleh kelompok kerja dalam mengelola kegiatan pembelajaran, adapun tujuan studi visit diantaranya adalah menambah wawasan guru peserta MGMP kabupaten Mojokerto.

Agenda studi visit di hadiri oleh 30 peserta dari kumpulan guru IPA se Kabupaten Mojokerto, agenda studi visit di pandu dari pihak Al-Izzah oleh Ust Nur Faqih, M.P.d.I selaku di bidang humas dan sekretariat beliau menyampaikan pemaparan program kelembagaan sekaligus mendampingi proses studi visit ke Laboratorium IPA SMP Al-Izzah.

Dengan seringnya kunjungan tamu dari luar kota maupun daerah untuk datang ke al-izzah, semoga al-izzah terus mampu menjadi lembaga Inspirasi dalam ranah perkembangan pendidikan Islam di Indonesia amin.

Kedatangan Tamu Studi Banding Yayasan Al Irsyad Bogor

Setelah mahasiswa dari gontor, kali ini pada hari Rabu, 19 September 2018. Al-Izzah kembali kedatangan tamu kunjungan study banding dari  Yayasan Al Irsyad Al Islamiyah Darul Marhamah Bogor.

Rombongan diikuti oleh Pembina yayasan Ibu Azzalia Salim Affif, Ketua Yayasan Ibu Azza Salim Affif, Mudir Aam Ust Abdurrahman Wahyudi, M.S.I  Wadir Bidang Kurikulum Ustdh Zam’ah ,S.HI, Wadir Bidang Humas Ust Fahmi Irhamsyah , M.Pd Wadir Bidang personalia Ust Asep Ahmad, M.A dan jajaran pengurus yang lain.

Kegiatan study banding dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Ust Nur Faqih, M.Pd.I selaku bagian humas dan sekretariat al-izzah. Agenda tersebut dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sambutan kelembagaan dan sambutan dari tamu kunjungan, dilanjutkan dengan pemaparan program, dan sesi tanya jawab. Acara berlangsung dengan baik hingga diakhiri dengan surve lokasi peserta didik, jenjang SMP dan SMA juga seluruh fasilitas mulai dari dapur hingga asrama santri.

Dengan adanya study banding diharapkan mampu untuk saling menambah wawasan dan perkembangan pendidikan khususnya di lingkup pendidikan Islam.

Fakultas Tarbiyah Gontor Learning Visit Di Kampus Peradaban Al-Izzah Batu

Pada hari selasa tanggal 18 September 2018, tepatnya pukul 13.30 WIB Rombongan Fakultas Tarbiyah semester 5 Tahun 2018 Program Studi Pendidikan Agama Islam dari Gontor datang ke kampus Al-Izzah guna melakukan agenda study banding.

Agenda tersebut di ikuti oleh 42 Mahasiswi dan 3 Orang pembimbing, pada kesempatan kali ini lembaga al-izzah diwakili oleh ust Nur Faqih, M.Pd.I selaku tim sekretariat dan humas al-izzah. Pemaparan orientasi kelembagaan dimulai dari sistem bangun rancang kurikulum, hingga pemaparan secara terperinci program unggulan yang diterapkan pada santri al-izzah jenjang SMP dan SMA. Selain itu beliau juga memaparkan program unggulan lain yang dimiliki oleh al-izzah yaitu program kepesantrenan . 

Agenda ditutup dengan surve keliling kampus, mulai dari gedung dan fasilitas sekolah hingga asrama santri, dengan pengkajian kebersihan lingkungan dan tata kelola layout gedung. Semoga kegiatan ini mampu menjadi catatan baik bagi para tamu mahasiswa dari gontor untuk menambah wawasan tentang sistem kelola kelembagaan al-izzah Batu.

Tanpa Henti, 3 Piala, 3 Juara Dalam Satu Waktu

Prestasi gemilang kembali diraih oleh santri SMP Al Izzah Batu. Adilatul Alia menjadi juara I Olimpiade matematika tingkat Jawa. Olimpiade yang dipromotori oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (Himaptika) UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 September 2018 lalu, yang diikuti oleh peserta dari perwakilan siswa terbaik SMP/MTs Se-Jawa.

Perolehan prestasi tersebut mengantarkan Adila memperoleh tiga piala, diantaranya: piala bergilir dari Gubernur Jawa Timur, Piala Walikota Surabaya, dan Piala Juara I, serta mendapat hadiah tabungan prestasi pendidikan sebesar Rp. 3.250.000,00. Dengan beruntunya perolehan penghargaan ini diharapkan ananda  bisa terus tanpa henti menggali dan mengembangkan potensi diri, serta memotivasi santriwati SMP Al Izzah yang lain untuk berjuang bersaing, Fastabiqul Khairat dalam bentuk prestasi dan berjihad fi sabilillah, ungkap Ustadzah Tutik Masruroh, M.Pd selaku Guru Pembimbing dan Ustadzah Citra Eka Susanti, S.Pd selaku pendamping.

Perolehan prestasi ini diharapkan juga bisa mensyukuri nikmat yang Allah berikan bagi kita selaku ummat Islam, karena ummat Islam adalah yang  ummat yang tertinggi disbanding dengan ummat yang lain yang lain, ini sebagai bukti bahwa untuk mensyukuri hal tersebut tidaklah hanya mengucapkan Hamdalah, melainkan yang lebih penting yaitu dengan perbuatan,  ungkap Ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala SMP Al Izzah dalam sambutannya.

Penghargaan ini semua dari Allah, oleh Allah, dan untuk Allah, yang diberikan kepada kita hanya sebagai bonus kecil pelepas lelah, selain itu komitmen ini diniatkan untuk membuktikan bahwa Generasi Ummat Islam itu tidak tertinggal jaman, generasi ummat Islam Milenial dan “Supervive of Islam”. Selain itu juga diniatkan untuk meningkatkan dan mematangkan diri, mental, berjuang, berusaha, berdoa, dan tawakal, tidak tertinggal lagi untuk memotivasi santri dan merubah stigma “ bahwa anak pondok itu tidak dianggap kampungan,/kudet, tetapi mampu bersaing bahkan mampu menjadi Inspirasi”, ungkap Adila selaku pemeroleh hadiah dan prestasi di sela kesibukannya mempersiapkan pembelajaran di kelas 9a.WhyOno

Juara I National Biology Olympiad

Olimpiade Biologi bergengsi dengan tema Create the Best and Infinite Generation tersebut diikuti oleh peserta terbaik SMP/Mts Tingkat Nasional. Kegiatan ini bertepatan dengan Milad Al Izzah yang ke-12. Alhamdulillah, pada milad ke-12 ini Al-Izzah mendapatkan hadiah istimewa dari perjuangan santri dan guru pembina olimpiade.
Perjuangan ini dimulai dari bulan Agustus yang harus menyisihkan 600 peserta dari seluruh Indonesia, tidak berhenti sampai disitu perjuangan siswa, mereka harus mengikuti babak semifinal berupa analisis praktikum 30 tim yang disaring dari berbagai Provinsi, dan berkat perjuangan yang gigih pantang menyerah, pada saat siswa yang lain sedang merayakan agenda Muharram di pesantren mereka menyisihkan waktunya pagi hingga malam untuk menghadapi babak final yang berupa analisis studi kasus, mereka harus bersaing dengan 10 tim terbaik se-Indonesia yang dilaksanakan pada 8-9 September 2018 bertempat di Universitas Negeri Malang.

Alhamdulillah perjuangan mereka membuahkan hasil yang gemilang, ananda Diana Puspita dan Adlin Arum menjuarai National Biology Olympiad 2018 (BO18). Dengan prestasi tersebut ananda berdua mendapat hadiah berupa tabungan penghargaan sebesar Rp 2. 000.000,- dan pengalaman yang tak ternilai harganya.

Perolehan prestasi ini diharapkan bisa mengasah kemampuan analisis peserta didik sebagai bekal menjadi saintis muda muslimah yang bertaqwa, cerdas, dan berakhlaqul karimah, ungkap Ustadzah Ayuni Adinda, S.Pd. selaku guru pembimbing. Dan ini merupakan hadiah Istimewa di akhir tahun 1439 H bersamaan dengan Harlah Al Izzah ke-12 ungkap Ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala SMP Al Izzah.

Kembali Raih Prestasi, Santri SMP Al- Izzah Juarai Lomba Menulis Cerpen Nasional

Empat santri SMP Al Izzah yang menjuarai lomba Pena MAPK Nasional

Batu- Bulan Agustus menjadi salah satu momuntem bagi santri-santri SMP Al Izzah (IIBS) Kota Batu untuk mengikuti serangkaian lomba. Kali ini, empat santri SMP A l Izzah atas nama Fia Naflah Rianti Noor mendapat juara 3 lomba menulis cerita fiksi mini pada ajang Pena MAPK di Solo. Sedangkan tiga santri lainnya, yaitu Bintu Tsani Hauna Niswah, Zanira Yumna Khalida, dan Alifia Nayla Muhayang terpilih menjadi penulis dengan 10 karya terbaik tingkat nasional.

Lomba menulis cerita fiksi mini ini diselenggarakan sebagai bentuk dari pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah. Kegiatan literasi tidak hanya berkaitan dengan budaya membaca, melainkan kegiatan literasi yang dicanangkan Pemerintah Indonesia juga mendukung minat dan bakat anak dalam menulis sebuah karya. Pena MAPK merupakan salah satu ajang kepenulisan yang berusaha mewadahi kemampuan anak dalam menulis cerpen.

Lomba ini diadakan pada tanggal 26 Agustus 2018. Tema lomba menulis cerita fiksi mini pada kali ini adalah ‘untuk pertama kalinya’. Peserta lomba diminta untuk menulis cerpen dengan batas maksimal 800 kata. Peserta dibagi menjadi dua tingkat, yaitu tingkat SMP/Mts Nasional dan tingkat SMA/MA Nasional.

“Alhamdulillah. Puji Syukur, saya sangat bahagia dengan kemenangan yang Allah berikan pada saya dan teman-teman. Kebetulan juga kami bergabung di kelas Olimpiade Bahasa Indonesia sehingga bakat dan kreativitas kami bisa tersalurkan dengan adanya lomba-lomba ini,” ujar Fia Nafla Rianti Noor, pemenang lomba Pena MAPK tahun ini. FR