Empat Guru SMA Al-Izzah Dipercaya Menyusun Soal Pra-UN Disdik Kota Batu

Pengajar Al-Izzah

Kota Wisata Batu – Hari selasa dan Rabu, tanggal 26 dan 27 Januari 2016, bertempat di Hotel Purnama kota Batu, guru-guru terpilih dari kota Batu berkumpul untuk menyusun soal try out UN (Pra-UN) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, soal try out yang dibuat untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK.

Alhamdulillah, berdasarkan hasil Ujian Kompetensi Guru (UKG) kota Batu, Dinas Pendidikan kota Batu sebagai panitia penyelenggara memilih empat guru dari SMA Al-Izzah sebagai anggota penyusun soal Pra-UN. Dari empat guru yang terpilih, tiga orang yang dapat hadir yaitu Ustadzah Mafia Firshada penyusun soal Sastra Indonesia, Ustadz Tri Wahyudi penyusun soal Biologi, dan ustadzah Yusi Triwulandari penyusun soal Matematika IPS, sedangkan ustadzah Arum Sulistyoningtyas tidak dapat hadir karena sedang cuti setelah melahirkan.

Kegiatan ini, menurut Ibu Kadisdik, Dra. Mistin, M.Pd, bertujuan untuk melatih para siswa yang nantinya akan menghadapi UN baik CBT (Computer Based Test) maupun PBT (Paper Based test), agar dapat menganalisis pada bagian mana siswa di kota Batu yang masih lemah. Setelah itu dapat dilakukan evaluasi untuk menambah materi lebih pada bagian mana siswa yang masih lemah. Bu Mistin juga berpesan kepada guru pembuat soal untuk tidak membocorkan soalnya kepada para siswa, karena akan sia-sia jika soal yang akan diujikan ke siswa tapi malah dibocorkan, tidak akan diperoleh alat untuk mengukur kemampuan siswa.

Produk dari kegiatan ini adalah soal Pra-UN untuk setiap mata pelajaran pada tiap tingkatan pendidikan, kisi-kisi, kartu soal, dan kunci jawaban. Soal Pra-UN ini insyaallah akan diujikan dalam waktu dekat. /yud