Guru SMP Al Izzah Berkiprah Membangun Pendidikan Nasional Menyongsong Kebangkitan Ummat Islam

edit 3

Guru SMP Al Izzah Berkiprah Membangun Pendidikan Nasional Menyongsong Kebangkitan Ummat Islam

Guru Pembelajar…sebuah kata yang mudah diucapkan namun cukup sulit untuk diterapkan di Indonesia yang luasnya berkali-kali lipat dibandingkan negara-negara yang dikatakan pendidikannya telah maju. Terbukti hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) secara nasional belum sesuai target 5,5 seperti impian Kemendikbud. Namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam mewujudkannya. Bapak Anies Baswedan mantan menteri pendidikan dan kebudyaan Indonesia sebelum digantikan telah meluncurkan program yang disebut “Guru Pembelajar”, program ini dilanjutkan oleh bapak menteri Muhadjir Effendy, hal ini dilakukan karena guru merupakan ujung tombak pembangunan dan kemajuan dalam dunia pendidikan, sebagus apapun kurikulumnya jika gurunya kurang kompeten maka pendidikan akan tetap jalan ditempat.

edit 2

Program Guru Pembelajar sangat strategis untuk “mendongkrak” kemajuan pendidikan di Indonesia, dengan program tersebut guru ditantang untuk terus memperbaiki diri terkait hal-hal yang kurang pada masing-masing guru. Apakah itu kurang dalam hal kompetensi pedagogisnya maupun kompetensi profesionalnya. Pada dasarnya guru seharusnya menjadi manusia pembelajar karena perintah pertama yang turun kepada Rasulullah adalah “ Iqro’ Bismirobikal ladzii kholaq ”.  khususnya sebagai seorang guru harus terus membaca, tidak hanya membaca ayat kauliyah saja, namun ayat kauniyah yang sangat luas harus bisa diinterpretasikan oleh seorang guru, membaca tanda-tanda kebesaran Allah, membaca situasi dan kondisi zaman serta membaca semua hal demi kemajuan dunia pendidikan.

edit 1

Kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan (PPPPTK) sedang melatih instruktur-instruktur Nasional yang akan diterjunkan untuk menfasilitasi guru-guru yang masih kurang kompeten dalam materi-materi tertentu. Salah satu Guru SMP Al Izzah terpilih menjadi Instruktur Nasional. Kepercayaan tersebut disambut baik dengan mengikuti pelatihan selama 10 hari. Sebanyak 179 peserta yang mengikuti pelatihan Instruktur Nasional dari seluruh Indonesia, diumumkan 6 terbaik yang menerima Sertifikat. Alhamdulillah salah satu guru berasal dari SMP Al Izzah yaitu Ustad Aziz Effendy mendapatkan predikat Baik Sekali. Dengan raihan itu SMP Al Izzah menorehkan sejarah dalam perjalanan pedidikan Indonesia dan semakin luas kiprahnya dalam dunia pendidikan tepatnya pada 71 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan melahirkan putra-putri terbaik bangsa yang sholeh-sholehah dan tulus mengabdi membangun negeri.