Kotoran Sapi dan Jerami Mengantarkan Tim SMP Al-Izzah Putra Menjadi Juara 3 Lomba Essay Tingkat Jawa Timur

Alhamdulillah, perjuangan tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMP ALS membuahkan hasil yang membanggakan, meraih juara 3 dalam ajang Lomba ESSAY tingkat SMP se Jawa Timur yang di adakan di SMA negeri 1 Probolinggo. Andi Andrian Ahmad Firmansah Hasan, Raasyikh Sulaiman Ridho’i, dan Elvo Ramadhan Shofa mereka adalah Tim KIR SMP ALS yang berhasil meraih juara tersebut.

Tidaklah mudah perjuangan mereka, diawali dengan mencari ide terkait pemanfaatan dan pemberdayaan lingkungan sekitar menjadi produk unggul. Maka muncul ide dari mereka untuk memanfaatkan kotoran sapi dan jerami yang banyak ditemukan di sekitar Kota Batu untuk dijadikan bahan bakar alternatif. Karya tulis mereka diberi judul”Briket-Bio Arang Berbahan dasar Campuran Jerami Padi Dengan Kotoran Sapi Sebagai Sumber Energi Alternatif”.

Setelah tahap seleksi, karya tulis Andri Andrian dan tim berhasil lolos ke babak final yang diadakan di SMA Negeri 1 Probolinggo pada tanggal 13 Oktober 2018. Terdapat 8 tim dari berbagai sekolah favorit di Jawa Timur bertarung di babak final. Alhamdulillah tim KIR SMP ALS mencuri perhatian dewan juri dan seluruh peserta, karena satu-satunya tim yang masih duduk di kelas 7 SMP. “Luar biasa, tim ini mendapat point plus karena masih kelas 7 dan sudah berani mempresentasikan karyanya dengan baik” komentar salah seorang juri waktu itu.

Alhamdulillah, ini adalah piala perdana SMP ALS semoga mampu memicu motivasi santri-santri SMP ALS lainnya untuk berprestasi membanggakan agama, bangsa, dan negaranya.