Kunjungan Santriwati SMA Al-Izzah ke Gontor Putri 1

Untuk mempelajari sebuah ilmu, tidak hanya dibutuhkan metode pengajaran saja. Diperlukan praktik dan pembiasaan untuk menunjang pembelajaran. Sebagaimana yang kita ketahui, Gontor merupakan pondok modern yang menerapkan praktik berbahasa asing di lingkungan sehari-hari. Oleh karena itu, Al-Izzah yang merupakan sekolah bertaraf internasional melakukan study comparative selama 3 hari di Gontor Putri 1, guna memperdalam dan membiasakan  bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Pada hari Minggu, 14 Januari 2018, santri sejumlah 91 orang berangkat dari Al-Izzah. Sesampainya di Gontor Putri 1, santri beserta para pembimbing disambut oleh ustadz Fairuz selaku direktur Gontor Putri 1. Setelah itu, santriwati Al-Izzah diajak untuk berkeliling pondok oleh santri-santri OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern) untuk melihat kegiatan berbahasa yakni muhadhoroh.

Keesokan harinya, santriwati Al-Izzah mengikuti kegiatan matrikulasi bahasa inggris yang dilanjutkan dengan memainkan drama berbahasa inggris dalam kelompok yang sudah ditentukan. Setelah itu, seluruh santri dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mengikuti kegiatan non akademik yaitu memasak kebab dan membuat seni akrilik. Ba’da ashar, santri Al-Izzah melangsungkan pertandingan persahabatan basket dan memanah dengan santri Gontor, dilanjutkan dengan senam bersama.

Hari terakhir, santriwati Al-Izzah mengikuti kegiatan matrikulasi bahasa arab yang dilanjutkan dengan permainan kata berpasangan (bahasa inggris dan bahasa Arab). setelah itu, santri diajak berkeliling industry milik Gontor sendiri, yakni bakery dan budidaya lele. Ba’da ashar, santri yang sudah dibagi kelompoknya mengikuti perlombaan tradisional yang diadakan oleh santri OPPM antara lain bakiak, egrang, hulahop, balap karung dan Tarik tambang.

Malam harinya, santriwati Al-Izzah melakukan forum perpisahan dengan santri OPPM yang selama ini menemani seluruh rangkaian kegiatan santri Al-Izzah di Gontor Putri 1. Dalam forum perpisahan, baik santri Al-Izzah maupun santri OPPM memberikan kesan dan pesannya selama 3 hari ini. Acara ditutup dengan foto bersama dengan melantangkan salam sukses.

Dengan adanya study comparative ini, diharapkan mempererat tali silaturahim antara Al-Izzah dan Gontor Putri, serta memajukan penggunaan bahasa inggris dan arab di masing-masing pondok. Amin.