Liputan Kegiatan Majelis Ilmu ‘Halaqah’ Kepesantrenan SMP-SMA Al Izzah

“ Barangsiapa menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menunju surga.”
(HR. Bukhari-Muslim)

Motivasi untuk meraih ridha-Nya inilah yang mendasari semangat kepesantrenan Al Izzah menyelenggarakan kegiatan halaqah kajian Islam untuk para santri. Halaqah rutin seperti halaqah murabbiyah, halaqah angkatan, halaqah program dan halaqah qubro. Pada intinya semua jenis halaqah ini diadakan untuk meningkatkan tsaqafah Islam sehingga membentuk pola pikir dan pola sikap yang sesuai dengan syariat Islam (berkepribadian Islam).

Halaqah murabbiyah dilaksanakan setiap Sabtu ba’da magrib yang dipandu secara langsung oleh murabbiyah kamar masing-masing. Materi yang diberikan melingkupi materi aqidah, fiqh dan kajian Islam sesuai dengan kebutuhan santri, menyesuaikan dengan permasalahan yang sedang dihadapi santri. Halaqah angkatan dilaksanakan pada Ahad sore ba’da Ashar untuk seluruh santri 1 angkatan. Materi yang disampaikan juga telah terstruktur, mencakup penerapan school culture pada diri santri. Sedangkan halaqah program adalah kelompok halaqah yang terdiri dari santri sesuai dengan program sekolah yaitu kelas Takhasus, Olimpiade dan Cambridge. Pada halaqah ini, santri mendapatkan materi sesuai dengan kebutuhan masing-masing program, misalnya halaqah program takhasus lebih menitikberatkan pada materi pengkajian Al Qur’an meliputi keutamaan membaca dan menghafal Al Qur’an, kewajiban mengamalkan dsb. Halaqah program Olimpiade untuk meningkatkan semangat belajar dan berprestasi pada diri santri. Membentuk mental juara; jika menang tidak sombong & jika kalah tidak putus asa. Di samping pembentukan pemahaman bahwa prestasi sejati adalah prestasi di hadapan Allah, sehingga mereka tidak hanya bersemangat meraih prestasi duniawi melainkan prestasi dunia akhirat yang diwujudkan dalam bentuk ketaatan pada syariat Islam. Halaqah program Cambridge untuk melatih kebiasaan santri dalam penggunaan bahasa Inggris percakapan sehari-hari.

Adapun halaqah qubro adalah halaqah yang lingkup pesertanya lebih besar yaitu santri SMP atau SMA. Dilaksanakan seminggu sekali, pada hari Ahad ba’da Magrib. Secara bergantian setiap Ahad, sebagai pematerinya adalah Ustad Ali Imron, Ustad Maftuhin, Ustadzah Yusri dan Ustadzah Aniyah di SMP serta Ustadzah Umi di SMA.

Alhamdulillah.. semoga semangat kita dalam mengadakan majelis-majelis ilmu ini sanggup mengantarkan santri SMP-SMA Al Izzah tercinta menjadi generasi mujahidah penerus perjuangan Rasulullah SAW menolong agama Allah SWT. Semoga Allah meridhai perjuangan kita. Aamin.Ustdza Weta’

Ibnu Umar berkata, Rasulullah SAW bersabda, “ Jika kalian berjalan dan bertemu dengan taman-taman surga, maka berhentilah.” Mereka bertanya, “Apa yang dimaksud taman-taman surga?” Rasulullah SAW menjawab, “ Majelis-majelis ilmu. Sesungguhnya di sisi Allah ada malaikat-malaikat yang senantiasa mencari majelis ilmu. Jika mereka menemukannya, mereka akan duduk mengelilingi untuk mendoakan dan memintakan ampun untuk para penuntut ilmu tersebut. “ (HR. Tirmidzi)

halaqoh 1 halaqoh 2