Pengorbanan Santri Dalam Menimba Ilmu

kajian 1

Barangsiapa yang mencari jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan jalannya ke surge (HR. Muslim). Itulah yang disampaikan Ustadz Umar Al Kidri dalam kajian islam untuk mengisi Idul Adha. Kajian yang diadakan di Mega Hall Pada hari Sabtu  (2/9) tersebut mengangkat tema tentang “Pengorbanan santri dalam Menuntut Ilmu”.

kajian 2

Pengajian tersebut diikuti oleh santri kelas VII-IX SMP Al Izzah. Selaku pemateri yaitu Ustadz Umar, selaku pengajar dan pendidik di Pondok Pesantren Anwarut Taufiq Jalan Metro Kota Batu. Di dalam kajiannya Ustadz umar menyampaikan bahwa seseorang dalam menuntut ilmu harus memiliki sedikitnya ada empat bekal.

Bekal pertama yaitu sabar. Sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, Sabar untuk tidak bermaksiat kepada Allah, dan sabar dalam memjalani ujian, Kedua tawadlu, tawadluk di sini tidak sombong dalm memiliki harta dan ibadah. Ketiga, memiliki akhlak baik seperti yang sudah dicontohkan oleh Rosululoh SAW. Keempat, Ahli sedekah. “Jika empat hal di atas bis adilakukan dengan baik maka ilmu akan cepat didapat”, ungkapnya.