PROJADI Program Pembentukan Jati Diri SMP-SMA Al Izzah T.A 2015-2016

projadi

 

PROJADI ( PROGRAM PEMBENTUKAN JATI DIRI )
SMP – SMA AL IZZAH INTERNATIONAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL
TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Alhamdulillah.. al-izzah back to school. Spanduk “Ahlan wa Sahlan“ telah terpajang menyambut santri baru SMP & SMA Al Izzah IIBS tahun pelajaran 2015/2016. Raut wajah sumringah menghiasi wajah para santri baru dan keluarga besar yang mendampingi mereka. Setelah melalui proses seleksi penerimaan santri, akhirnya mereka berhasil lolos menjadi warga baru di kampus peradaban Al Izzah. Para orang tua yang berharap putri-putrinya menjadi generasi yang bertaqwa, cerdas dan mandiri, turut merasa haru mengantarkan putri tercinta untuk menuntut ilmu.
Kegiatan PROJADI (Program Pembentukan Jati Diri) yang akan dilaksanakan selama 1 bulan ke depan ini melingkupi kegiatan di sekolah yang dikoordinir oleh Kesiswaan SMP dan SMA serta kegiatan di asrama yang di-handle oleh kepesantrenan, di mana setiap pekannya telah ditentukan target penerapan school culture. Bentuk kegiatan di sekolah meliputi school culture, pemberian materi tsaqafah Islam, training/pelatihan, simulasi dan fun games bersama DPO, test inventory bakat minat, study kasus, orientasi adab santri, post test school culture dan pembahasan serta PROJADI competition.
Mengawali kegiatan PROJADI, 1 Agustus 2015. Para santri baru yang telah hadir di Al Izzah mengikuti acara pumbukaan oleh Kepala Sekolah serta briefing mengenai PROJADI sekaligus pembagian kelompok. Sore harinya santri juga mendapatkan orientasi PROJADI dari Kepesantrenan dan panitia (perkenalan murabbiyah dan musyrifah) dengan tema “ Welcome to Dream School.” Usai makan dan sholat berjamaah magrib, santri melakukan tilawah Al Qur’an di kamar dengan didampingi murabbiyah masing-masing. Ba’da Isya, kegiatan dilanjutkan dengan training keterampilan santri untuk aktivitas harian.
Baik kesiswaan maupun kepesantrenan telah menetapkan target pada tiap pekan kegiatan PROJADI.
Berikut target yang ditetapkan :
Pekan I : Berkepribadian Islami
Pekan II : Berjiwa Juang Tinggi dan Pantang Menyerah, Mandiri
Pekan III : Peduli pada Sesama, Disiplin dan Tanggung jawab
Pekan IV : Sederhana, Bersih dan Rapi
Adapun bentuk kegiatan PROJADI di kepesantrenan berupa pengenalan dan praktik langsung kegiatan-kegiatan asrama mulai dari melaksanakan Qiyamul Lail (tahajud), sholat berjamaah di masjid, dzikir sholat, perkenalan lingkungan Al Izzah, pelatihan keterampilan santri untuk bekal aktivitas harian seperti menata barang ke dalam almari dan kontainer, memasang dan menata peralatan tidur, menyetrika baju, sholat, wudhu dan tayamum. Halaqah murabbiyah, halaqah kajian dan sharing bersama murabbiyah dilakukan untuk membentuk dan menguatkan kepribadian Islami pada santri. Yang mana aktivitas tersebut merupakan target yang dicanangkan pada pekan I yaitu “ Menemukan jati diri yang berkepribadian Islami, berjiwa juang tinggi dan pantang menyerah, mandiri, sederhana, bersih dan rapi.”
Pun pada pekan-pekan berikutnya, Kepesantrenan menetapkan target yang diharapkan dapat tercapai melalui kegiatan PROJADI 1 bulan ini. Menemukan jati diri yang berkepribadian Islami, mandiri, peduli pada sesama, sopan dan santun, sederhana, bersih dan rapi pada Pekan II. Serta menemukan jati diri sebagai insan berprestasi pada Pekan III dan Pekan IV.
Semoga melalui kegiatan PROJADI ini dapat membentuk kepribadian Islami pada santri dan mampu menerapkan school culture sehingga menjadi generasi muslimah yang mujahidah penerus perjuangan Rasulullah SAW.