Santri Al Izzah Juarai FLS2N Tingkat Provinsi

juara

Alhamdulillah, kami haturkan pada Allah SWT yang tiada henti memberi anugerah pada Al Izzah. Setelah merebut tropi juara 1 menulis puisi tingkat Kota Batu diajangan FLS2N, Senin, 30 Mei 2016 nama besar Al izzah kembali bergema di kancah provinsi. Jihan Aulia Roziqin, santri SMP Al Izzah kelas VIII-B, berhasil meraih juara 2 menulis puisi tingkat Jawa Timur. Lomba ini sangat prestisius karena diikuti oleh 34 putra/putri jawara daerah perwakilan Kota/Kab se-Jawa Timur. Lomba ini diselenggarakan di Hotel Wijaya Kota Batu selama 3 hari berturut-turut.

Perlombaan ini cukup menegangkan karena dewan juri adalah orang-orang pilihan yang terdiri dari Prof. Suyatno (Dosen UNESA), Pak Herry (Lamongan), dan Bapak Machali (Sastrawan dari Gresik). Rasa khusnudzon sekaligus grogi bercampur aduk di dalam hati. Terlebih ketika perlombaan belum diinformasikan tema puisi. Kami hanya bisa berdoa dan sesekali mengasah tangan untuk siap diajak berimajinasi dan berpuitis. Akhirnya tiba di ruang perlombaan, tepat pukul 08.00 WIB, Bapak Machali menyampaikan tema, yakni manfaat alam dan lingkungan. Peserta diberi waktu 3 jam untuk menelurkan 2 (dua) buah puisi yang bertema sama.

Terlahir kembali menjadi air

Bukan untuk berenang di kala pasang

Namun menetes sebagai rintik kesuburan

Menyatukan retak tanah gersang

Menyembuhkan retak hati kekeringan

Menumbuhkan benih baru kehidupan

Itulah sebait kutipan puisi yang ditulis Jihan, yang secara tidak langsung memantapkan SMP Al Izzah sebagai Sekolah Unggul dan kompetitif. Puisi yang berjudul Dongeng Pengorbanan mengangkat sub tema hujan, yang bahwasannya hujan pun juga berkorban untuk melahirkan keberkahan bagi semua makhluk Allah SWT.

Alhamdulillah pada hari ke-3, ananda Jihan Aulia dinobatkan sebagai juara 2 menulis puisi tingkat SMP se-Jawa Timur dalam ajang FLS2N. Ananda berhak mendapatkan tropi, uang pembinaan Rp 1.000.000, dan sertifikat. Juara 1 dari Kota Magetan dengan judul puisi Sarangan, Akulah Telaga Itu.

Kemenangan ananda Jihan semoga menginspirasi santri lain bahwa sebagai seorang santri selain memperdalam ilmu juga harus berdakwah, salah satunya dengan karya tulis. Bila kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah (Imam Al Ghazali) ingat dengan menulis, kita dapat berdakwah. Berdakwah demi generasi Muslim dan demi kemajuan Islam. Aamiin.

By: Nov

juara 2