Semarak Idul Adha 1437 H

sholat

Idul adha merupakan hari besar yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Hari raya Idul adha 1437 H ini berepatan pada tanggal 12 september 2016. Al-Izzah mengadakan serangkaian acara untuk merayakan  hari raya idul adha 1437 H.

Bersama mengeringnya embun pagi, shalat IED dilaksanan tepat pada pukul 06.00 WIB,yang bertempat di lapangan barat al-izzah. Para jamaah terdiri dari santri al-izzah, ustadz, ustadzah serta walisantri al-izzah yang memang sengaja hadir untuk ikut merayakan bersama putrinya. Imam dan khotib sholat IED adalah ustadz nur faqih. Beliau berkhutbah tentang kisah perjuangan Nabi Ibrahim R.A beserta anaknya, yang tidak lain adalah Nabi Ismail R.A seperti yang telah di kisahkan dalam firman Allah SWT yaitu surah As-Saffat ayat 101 – 111.

kambing sapi

Setiap hari raya Idul adha telah diwajibkan berkurban bagi seorang muslim maupun muslimah seperti yang telah dicontohkan oleh bapak para Nabi, yaitu Nabi Ibrahim R.A. Tahun ini al-izzah memperoleh sumbangan hewan kurban sebanyak enam ekor sapi dan tiga puluh lima ekor kambing, yang terkumpul dari sumbangan para santri dan wali santri al-izzah. Hasil hewan kurban akan di salurkan kepada masyarakat kurang mampu dan warga disekitar al-izzah. Penyembelihan hewan kurban di laksanakan di lapangan kebun al-izzah di samping kampus al-izzah Leadership School. Proses penyembelihan hewan kurban berlangsung sangat seru, karena disaksikan langsung oleh para santri, baik SMP maupun santri SMA.

Di hari ini juga, dalam merayakan hari besar Idul Adha organisasi santri SMA al-izzah (OSIS) mengadakan bazar bertemakan tradisional, dimana semua stan diwajibkan untuk hanya menjual berbagai macam makanan tradisional. Selain itu OSIS SMA al-izzah juga mengadakan nonton bareng sebuah film yang berjud l umar bin khattab. Film tersebut  menceritakan perjalanan hidupsosok umar bin khattab yang merupakan khalifah ketiga umat islam dan mempunyai gelar singa padang pasir.

idul-adha-1437-h-bazar idul-adha-1437-h-bakarsate

Acara penutup kegiatan adalah dengan membuat sate hewan kurban yang diikuti seluruh santri. Membuat sate ini terdiri dari tiga tahapan. Yaitu, mencuci daging, memotongnya menjadi kecil-kecil, menusukan daging pada tusuk sate dan yang terakhir adalah proses pembakaran sate. Acara ini ditutp dengan makan sate bersama yang dilaksanakan di di graha aliya.Tim Aktif