Sholat: Indikator Pembelajaran Dalam Kepemimpinan

Ibadah merupakan jalan kepemimpinan. Satu ibadah yang utama adalah sholat. Di dalam sholat ini banya pelajaran yang bisa di ambil. Mulai sebelum sholat dalam hal ini bersuci dan wudlu merupakan perencanaan, pelaksanaannya, dan evaluasi. Perencanaan meliputi bersuci dan wudlu yang sempurna, dan niat yang tulus dan ikhlas.  Meluruskan dan merapatkan barisan (shaf) juga tidak boleh ditinggalkan dalam mengawali sholat. Pelaksanaan yaitu sholat itu sendiri, pelaksanaan sebaiknya mengikuti peraturan yang sudah ditentukan, dan fokus dan tulus terhadap apa yang dilakukan.

Selanjutnya evaluasi, sejauh mana kwalitas sholat yang dilakukan, hanya sekedar menjalankan perintah untuk menggugurkan kwajiban atau yang lain. Jika lebih baik dalam hal ini khusuk, dan fokus berarti kita patut bersyukur, jika kurang maka kita patut istiqfar atas kekurangan tersebut serta kita berusaha memperbaiki di sholat yang berikutnya. Inilah pelajaran terbaik yang sebaiknya kita terapkan di segala aspek kehidupan dalam bermasyarakat.

Di dalam sholat juga diterapkan pendidikan bagaimana sebaiknya menjadi seorang pemimpin dan dipimpin.seorang pemimpin sebaiknya tahu kondisi dan keadaan makmumnya. Begitu juga seorang makmum harus tahu diri dan mengikuti imam. Jika imam benar harus diikuti, apabila salah sebaiknya juga diingatkan dengan aturan yang sudah ditentukan.

Sholat itulah indikator karakter seorang pemimpin. Di dalam pembelajaran pemimpin ini sudah dicontohkan oleh nabi Ibrahim dan dituangkan dalam Alquran surat Al Baqarah:124 berikut. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji, Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”,Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.

Hal di atas yang disampaikan oleh Ustadz Jalal dalam pembinaan keislaman dan menumbuhkan semangat ustadz dan ustadzah untuk menjadi seorang pemimpin dalam hal ini seorang guru yang mendidik anak didiknya. Agenda tersebut dilaksanakan di graha Aliya Al Izzah.mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Kajian dan pendalaman islam tersebut merupakan kegiatan rutin SDM yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi.