TRAINING MOTIVASI

Hari Senin pagi, tanggal 14 April 2014 saat para santri kelas 12 menjalani Ujian Nasional hari pertama, para santri kelas 10 dan 11 SMA Al-Izzah mendapatkan training motivasi dan psikologi di ruang terbuka oleh Bapak Adjat dan Ibu Puji dari Human Resource Kaltim Prima Coal Sangatta, Kalimantan Timur. Pada kegiatan ini para santri dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk memecahkan suatu permasalahan dengan terlebih dahulu diberikan beberapa petunjuk, dimana petunjuk tersebut di bawa oleh masing-masing anggota kelompok dan tidak boleh ditukar dengan anggota kelompok yang lain. Petunjuk yang dibawa oleh masing-masing anggota tidak semuanya berhubungan dengan permasalahan, para santri diminta untuk memilah, mana petunjuk yang berhubungan dengan masalah dan mana yang tidak. Kelompok yang berhasil memenej dengan baik akan mampu menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat, merekalah pemenangnya.

Pada kegiatan ini santri diajarkan tentang kepemimpinan, saling berbagi informasi, kejujuran dalam memberikan informasi, kerja sama, ketelitian dalam memilah informasi yang penting dan tidak penting, ketenangan dalam menyelesaikan masalah, dan manajemen diri.

Selain itu, para santri juga melakukan diskusi mengenai permasalahan remaja saat ini dan pemecahannya. Diawali dengan diskusi pada masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan presentasi oleh perwakilan kelompok dibawah arahan dari Bapak Adjat. Kegiatan ini diikuti oleh para santri dengan antusias hingga berakhir menjelang sholat dhuhur. (yud)