Tahun Ini Berbeda, Student Exchange SMP Al-Izzah

Program Student Exchange SMP Al-Izzah Batu, tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya hanya ke Malaysia dan Singapura untuk program internasional, sedangkan yang nasional tujuan utama Ibnu Abbas Klaten dan Gontor putri di Mantingan Ngawi sekarang sayapnya semakin dilebarkan.


Student Exchange ke tanah suci tahun ini menjadi yang istimewa, sebab program tersebut sebenarnya sudah dicanangkan sekitar tahun 2010, namun baru tahun ini baru bisa terealisasi, Ungkap Ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala sekolah SMP Al-Izzah. Seusai memimpin tausiyah morning beliau berpamitan sekaligus mohon doa restu semoga Student exchange tahun ini lancar dan dimudahkan Oleh Allah SWT.
Student Exchange tahun ini dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok pertama Student Exchange ke tanah suci Mekah dan ke sekolah yang ada di sana sekaligus umroh ke tanah suci yang diikuti oleh 18 santriwati dan dua orang pendamping. Sedangkan Student Exchange kelompok kedua diikuti oleh 68 siswi dan empat pendamping. Student exchange nasional diikuti oleh 54 siswi dan empat pendamping. tujuan utama pesantren Ibnu Abbas Klaten Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Gontor Mantingan Ngawi.


Student Exchange tahun ini dimulai tanggal 8 hingga 16 Februari 2019. Berbagai agenda dan ilmu pengetahuan digali untuk mengaji ilmu Allah yang ada di dunia lain. Selain itu untuk belajar menjadi yang terbaik di berbagai bidangnya masing-masing. Selain itu dengan adanya Student Exchange ini semoga bisa menginspirasi sekolah atau pesantren yang lain untuk semua menjadi yang terbaik.

Studi Banding SMP Negeri II Madiun

Pada tanggal 4 Februari 2019 tepat pukul 10.00 WIB, berkaitan dengan upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan, SMP negeri  2 Madiun melakukan stadi banding ke SMP Al-Izzah dengan mengkaji tentang pengelolaan 8 SNP di sekolah.

Agenda studi banding diikuti oleh 6 orang dari jajaran kepala sekolah SMP Negeri 2 Madiun, yang diwakili oleh bapak Fatchur Rahman, S.pd besertam timnya. Pemaparan program sekolah berkonsep mutu dan daya saing di orentasikan oleh Ust Nur Faqih, M.Pd.I dari pihak lembaga PP. Al-Izzah.

Acara studi banding berakhir dengan forum diskusi dan tanya jawab di lanjut survei ke sekolah dan melihat beberapa fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran, semoga dengan terjalinnya silaturrahmi ini saling menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam menanggani problematika tantangan pendidikan di era modern ini.

Se-malang Raya Merinding Mendengar Sekolah Al-Izzah

Banyak yang merinding ketika mendengar pengumuman menyebutkan hasil peringkat pertama hingga tujuh menyebutkan santri dari al-izzah batu. Sontak ketika rangking pertama diraih santri al-izzah riuh suara dan bangga menyelimuti hati para santri al-izzah. Al-Izzah menjadi peringkat pertama, kedua, ketiga, dan ketujuh serta kedelapan di sepuluh besar.  Ketiga besar teratas tersebut ditempati oleh Diana puspita di posisi pertama, disusul kemudian Adlin Arum Anindita, selanjutnya diperingkat ketiga ditempati Ailatul Aulia. Perolehan prestasi tersebut di atas Ar Rohmah yang harus puas menempati posisi keempat dan kelima.

Tryout yang dilaksanakan pada hari Minggu 3 Februari 2019 di SMA Islam Sabilillah tersebut mengantarkan mereka untuk lebih serius melangkah di jenjang berikutnya. “ini adalah awal menapiaki tangga kesuksesan untuk meraih yang terbaik di tingkat jawa timur di Ujian Nasional mendatang” Ungkap ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala SMP Al Izzah ketika memberikan sambutan dengan semangatnya sebelum menyerahkan piala penghargaan.

Indahnya Berbagi Bersama Putra dan Putri Warga Sekitar Kampus Al-Izzah

Seru, pada hari jum’at tanggal 25 Januari 2019 tepatnya, pukul 13.30 WIB berlangsung kegiatan peduli pendidikan warga sekitar kampus al-izzah. Pada kesempatan kali ini mengusung tema “Indahnya Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim & Anak Desa Sumberejo “. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Organisasi Siswa (OSIS) SMA al-izzah atas arahan dan bimbingan dari kesiswaan dan tim sekretariat & humas al-izzah.

Acara berlangsung dengan baik, kegiatan dimulai dengan sambutan bidang humas dan sekretariat  Al-Izzah Ust Nur Faqih, M.Pd.I. Dalam sambutanya beliau memberikan motifasi semangat belajar dan keutamaan berdoa, setelah itu agenda di tutup dengan dengan do’a bersama. Dengan harapan anak- anak yang kami berisantunan manjadi anak yang shaleh dan shalehah sukses di kemudian hari.

Kegiatan berlangsung dengan baik, pada kesempatan kali ini panitia memberikan motifasi dengan memberikan beberapa bingkisan dan hadiah berupa perlengkapan sekolah. ” Atas terselenggaranya acara tersebut kami berharap semoga bermanfaat dan menjadikan motifasi belajar bagi adek-adek sekitar desa sumberejo”, ungkap Ketua OSIS SMA periode 2019 ananda Saflina Hansa.

Sholat: Indikator Pembelajaran Dalam Kepemimpinan

Ibadah merupakan jalan kepemimpinan. Satu ibadah yang utama adalah sholat. Di dalam sholat ini banya pelajaran yang bisa di ambil. Mulai sebelum sholat dalam hal ini bersuci dan wudlu merupakan perencanaan, pelaksanaannya, dan evaluasi. Perencanaan meliputi bersuci dan wudlu yang sempurna, dan niat yang tulus dan ikhlas.  Meluruskan dan merapatkan barisan (shaf) juga tidak boleh ditinggalkan dalam mengawali sholat. Pelaksanaan yaitu sholat itu sendiri, pelaksanaan sebaiknya mengikuti peraturan yang sudah ditentukan, dan fokus dan tulus terhadap apa yang dilakukan.

Selanjutnya evaluasi, sejauh mana kwalitas sholat yang dilakukan, hanya sekedar menjalankan perintah untuk menggugurkan kwajiban atau yang lain. Jika lebih baik dalam hal ini khusuk, dan fokus berarti kita patut bersyukur, jika kurang maka kita patut istiqfar atas kekurangan tersebut serta kita berusaha memperbaiki di sholat yang berikutnya. Inilah pelajaran terbaik yang sebaiknya kita terapkan di segala aspek kehidupan dalam bermasyarakat.

Di dalam sholat juga diterapkan pendidikan bagaimana sebaiknya menjadi seorang pemimpin dan dipimpin.seorang pemimpin sebaiknya tahu kondisi dan keadaan makmumnya. Begitu juga seorang makmum harus tahu diri dan mengikuti imam. Jika imam benar harus diikuti, apabila salah sebaiknya juga diingatkan dengan aturan yang sudah ditentukan.

Sholat itulah indikator karakter seorang pemimpin. Di dalam pembelajaran pemimpin ini sudah dicontohkan oleh nabi Ibrahim dan dituangkan dalam Alquran surat Al Baqarah:124 berikut. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji, Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”,Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.

Hal di atas yang disampaikan oleh Ustadz Jalal dalam pembinaan keislaman dan menumbuhkan semangat ustadz dan ustadzah untuk menjadi seorang pemimpin dalam hal ini seorang guru yang mendidik anak didiknya. Agenda tersebut dilaksanakan di graha Aliya Al Izzah.mulai pukul 07.00-08.00 WIB. Kajian dan pendalaman islam tersebut merupakan kegiatan rutin SDM yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi.

Study Banding Pesantren Assalam Solo ke Al-Izzah Batu

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semuanya dengan visi pendidikan Islam di pondok pesantren modern assalam sukoharjo – Surakarta- Jawa tengah mengadakan studi banding di pondok pesantren Al-Izzah International Islamic Boarding School Batu Jawa Timur, agenda acara berlangsung pada hari Jumat Tanggal 11 Januari dengan peserta 164 santri dan 12 pembimbing dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang praktek keorganisasian pada santriwati pengurus organisasi pelajar PPMI Assalam (OPPPMIA)Putri. Acara di buka oleh Bagian bidang Humas dan sekretariat dan disambung oleh pengurus OSIS SMA Al-Izzah tentang penyampaian keorganisasian santri yang diterapkan oleh al-izzah, sekaligus forum dialoq dan tanya jawab.

Dengan kunjungan tersebut, diharapkan mampu memberikan pengalaman dan tukar informasi antara santri. Bagaimana sistem dan penerapan ilmu keorganisasian di lingkungan pesantren dan sekolah, juga mampu menjalin hubungan antar sekolah dan lembaga.

 

Al-Izzah, The Best International Olimpiade Mathematic

Satu lagi prestasi bergengsi diraih oleh siswi SMP Al-Izzah Batu. Andini Salsabila, N.T meraih medali emas di olimpiade matematika tingkat Internasional yang diadakan oleh KPM Rean Institute pada bulan yang lalu.  Olimpiade dengan tema Challenge for Future Mathematicions (CFM) Parallel tersebut dilaksanakan di SD Muhammadiyah 15 Surabaya.

Prestasi Gold Aword tersebut dilalui dengan terus latihan, berusaha keras, tidak mudah mengeluh, bosan, terus meningkatkan kemampuan, ibadah, berdoa, dan tetap berharap yang terbaik dari Allah, serta terkait hasil diserahkan ke Allah, ungkap Andini di sela-sela kesibukannya mengikuti pembelajaran di kelas.

Alhamdulillah, prestasi medali emas olimpiade matematika internasional ini menjadi inspirasi prestasi terbaik untuk kelas 7 dan 8 sehingga di semester 2 ini bisa berprestasi lebih gemilang demi syiar kejayaan islam, ungkap ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala SMP Al-Izzah ketika memberikan sambutan dalam apel pagi hari senin sebelum menyerahkan medali.

Mathematics Team Competition UI

Mohon do’a restu ananda Monang Karim dan Hamzah Abdurrahman, ananda berhasil lolos tingkat regional dan mewakili kota Malang untuk tahap selanjutnya di Universitas Indonesia pada tanggal 25 Januari 2019. Dalam seleksi Regional Lomba Mathematics Team Competition UI yang diadakan di MAN 3 Malang, peserta berasal dari SMA dan SMK sederajat Malang Raya. Ananda berhasil lolos setelah berjuang melawan ratusan peserta.

Semoga dalam lomba dan kegiatan ini dapat memperoleh hasil yang maksimal, dan juga menjadi motifasi untuk bersaing dalam menuntut ilmu.