Kedatangan Santri Baru Membawa Sejuta Mimpi

Sebanyak 128 siswi SMP dan 109 santri SMA International Islamic Boarding School (IIBS). Sabtu, (7/7) tiba di Al Izzah. Sedangkan untuk siswa Al Izzah Leadership School (ALS) dijadwalkan kedatangannya pada hari Sabtu (14/7). Jumlah mereka sebanyak di 132 siswa SMP dan 112 SMA putra. Berikutnya untuk santri kelas 8, 9, 11, dan 12, hadir di kampus pada hari Minggu (8/7). Kedatangan tersebut membawa sejuta harapan dan mimpi yang akan mereka raih.

Agenda tersebut diawali dengan ceck in, persiapan asrama, orientasi kelembagaan, program pendidikan, dan penyampaian program jati diri santri (Projadi).
Orientasi dilaksanakan di Mega Hall mulai pukul 08.30. WIB hingga pukul 11.00 WIB. Orientasi dimulai dari pembukaan oleh ustadz, Nur Faqih, M.Pd.I, pembacaan ayat suci alquran oleh Ustadz Faholi Aziz,M. Pd.I, orientasi kelembagaan oleh Ustadz, Drs. H. Ali Imron, M.Ag, dan penyampaian program pendidikan Al Izzah serta tanya jawab dipandu oleh ustadz, Maftuhin Ahmadi, M.Pd. selanjutnya ditutup doa.

Kedatangan santri baru diharapkan bisa memberikan pelajaran bersama baik untuk anak dan orang tua. Diantaranya untuk belajar ikhlas dalam usaha untuk kebaikan anak di masa mendatang, menata niat dan meluruskanya, bahwa mencari ilmu dan hidup mandiri, dan tanpa putus harapan berdoa untuk yang terbaik, ungkap Ustadz Nur Faqih, M.Pd.I, selaku ketua PSB dan kepala kesekretariatan.

Pembagian Zakat dan Bingkisan Kepada Warga

Sebelum waktu untuk belajar di rumah atau libur sekolah, banyak kegiatan yang dilakukan santri Al Izzah, mulai awal minggu lalu dengan kegiatan rutin semester ujian semester, ujian tahfidz hingga pembagian zakat fitrah. Tepatnya tanggal 7 Juni, kampus Al Izzah sedikit ramai dengan kedatangan tamu, mereka adalah warga masyarakat yang datang memenuhi undangan untuk menerima bingkisan dan bersosialisasi dengan  Al Izzah. Acara ini diikuti oleh seluruh santri SMP dan SMA dengan jumlah zakat yang akan dibagikan sejumlah 300 warga yang ada di desa sumberejo.

Betapa indahnya melihat senyuman Ibu-ibu, Mbah dan adik-adik saat memasuki area kampus Al Izzah Islamic Boarding School. Betapa indahnya syariat zakat yang Allah perintahkan kepada kita. Allah mengajarkan kita untuk saling berbagi, menyerahkan sebagian rizki yang memang adalah hak mereka. Zakat, selain mensucikan harta kita, insyaAllah menjadikan kita sebagai bagian dari orang-orang beriman yang beruntung. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Mu’minun ayat 1-4.,” Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang yang khusyuk dalam shalatnya, dan orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna dan orang yang menunaikan zakat.. “

Peringati Hari Lahir Pancasila Penuh Khusuk

Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia, Pancasila ditetapkan lahir pada tanggal 01 Juni. Oleh sebab itu setiap tanggal 01 Juni diperingati hari lahir Pancasila. Hari lahir Pancasila diperingati negan mengadakan upacara bendera untuk mengenang sejarah berdirinya dan penghayatan kandungan yang ada di dalamnya. Di seluruh tempat di Indonesia oleh berbagai instansi negeri dan swasta, tak terkecuali Al-Izzah.

Al-izzah memperingati hari lahir Pancasila dengan upacara bendera di halaman sekolah. Upacara tersebut diikuti oleh santriwati SMP dan SMA dengan penuh khusuk. Upacara yang dilaksanaan pada hari Jumat (1/6) mulai pukul 07 sampai selesai tersebut diikuti oleh siswa kelas 7, 8, 10 dan 11 dan dewan guru. Selaku pembina upacara Kepala SMP al-Izzah, Ust Aziz Effendy, S.Si.

Di dalam memberikan amanah beliau menyampaikan terkait pentingnya pemahaman Pancasila dan kandungannya yang dijabarkan dalam butir-butir Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4). Di dalam tausiah tersebut diharapkan kita bangga dengan Pancasila, sekaligus mengamalkannya, kalau bukan kita, dimulai sekarang, siapa dan kapan lagi, ungkapnya.

Romadlon Penuh Berkah

Sholat tarawih bersama Ramadhan kali ini penuh berkah. Keberkahan tersebut karena kedatangan Syekh Muhammad Liddawi Guru tahfidz Al Qur’an di Nablus Palestina. Beliau hadir dalam rangka silaturrohmi sekaligus menjadi imam sholat dan cerita terkait keadaan umat Islam Palestina saat ini.
Sholat tarawih yang diprakarsai oleh sahabat Al Aqso dan Al Izzah tersebut dilaksanakan di Mega hall pada hari Rabu, 23 Mei 2018 tersebut diikuti oleh seluruh santri SMP-SMA dan murobiyah Al Izzah Batu. Hadir dalam acara tersebut Ustadz Uteb, Surur, Ridlo, dan ustadz Saifuddin, selaku pandamping syekh.
Sebagai bentuk empati kepada saudara muslim di Palestina diadakan penggalangan dana yang akan disalurkan untuk meringankan beban mereka. Di penggalangan dana tersebut tekumpul uang sebesar sekitar 20.000.000 rupiah.

SMP Al-Izzah Juara Umum Terbaik Ujian Nasional

Segala puji bagi Allah, SMP Al-Izzah menjadi JUARA UMUM TERBAIK Ujian Nasional tahun 2018 Kota Batu. Selain itu sekaligus ada tiga siswi yang mendapat nilai sempurna 100 di mata pelajaran matematika. Mereka adalah Aulia Mey Diva Anannandya, Fatimah Muhammad, dan Hani Tirta Amalia.

Peringkat pertama atas nama Anindya Clarasanty mendapat nilai total 378 dengan rincian, nilai Bahasa Indonesia, 94, Bahasa Inggris 94, matematika 92,5, dan IPA 97,5. Juara kedua Raissa Rana Fatimah dengan total nilai 372, disusul peringkat ketiga, dengan nilai 368, 5 atas nama Nuha Mehrunniasa,

Siswa yang mendapatkan nilai sempurna (100) berhak mendapatkan penghargaan sebesar RP. 1.000.000,- dan Studi Banding ke luar negeri dari pemerintah kota Batu.

Alhamdulillah, prestasi tahun ini yang diraih oleh SMP Al Izzah sangat gemilang, kami bersyukur kepada ALLAH SWT karena hampir seluruh peringkat 10 besar tersebut berasal dari SMP Al Izzah, dan semoga ini bisa menjadi syiar kemajuan Islam, ungkap Ustadz Aziz Effendy, S.Si selaku kepala SMP Al Izzah.

Asah Kepedulian Santri di Bulan Ramadan

Alhamdulillah pada  bulan suci Ramadan hari ke-3, 19 Mei 2018, OSIS SMP Al Izzah mengadakan kegiatan sosial “Berbuka Puasa bersama anak-anak Sumberejo”. Kegiatan sosial ini diikuti oleh anak-anak warga desa sekitar kampus Al Izzah jumlahnya sekitar 130-an anak. Kegiatan sosial ini adalah kegiatan rutin OSIS SMP Al Izzah yang diselenggarakan setiap tahunnya di Bulan Ramadan. Tahun ini, OSIS SMP Al Izzah menyusung tema “Satu Hati Dalam Kemuliaan Ramadan”.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Aquran. Setelah itu, acara Islamic Performance di mana anak-anak Sumberejo menunjukkan kepawaiannya dalam berdoa, menghafal surat-surat pendek, menghafal huruf hijaiyah, dll. Setelah itu, OSIS memandu acara Games Isamic yakni menyusun puzzle huruf hijaiyah. Acara berlangsung sangat seru karena masing-masing kelompok berlomba-lomba untuk menyelesaikan puzzle hijaiyahnya. Ditambah lagi dengan, ada hadiah menarik bagi kelompok yang paling cepat menyusun puzzle. Setelah bermain Games Isamic, anak-anak Sumberejo mendengarkan cerita menarik dari Kepala SMP Al Izzah, yakni Ustaz Aziz. Ustaz Aziz menceritakan cerita semut yang sarat dengan makna faedah berpuasa. Anak-anak Sumberejo sangat antusias terlebih ada hadiah untuk 3 anak yang bisa menjawab pertanyaan dari Ustaz Aziz.

Menjelang azan magrib, anak-anak Sumberejo diarahkan ke Lantai 1 untuk persiapan makan takjil. Setelah terdengar azan, mereka membatalkan puasa dengan takji yang telah disediakan yakni ice cream.  Setelah itu, mereka saat bersama santri SMP Al Izzah. Selepas salat, mereka menuju ke HTB untk menyantap hidangan yang telah disediakan. Sungguh kebersamaan santri SMP Al Izzah dan anak-anak Sumberejo yang sangat indah di bulan Ramadan.

Dengan adanya kegiatan rutin yang diadakan tiap tahun pada bulan ramadhan diharapkan, santri al izzah mampu selalu menumbuhkan jiwa sosial masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata pada lingkungan sekitar.

Ujian Kenaikan Kelas Santri SMP-SMA Al-Izzah

Al Izzah Pagi Hari – Ujian kenaikan kelas telah mengawali aktifitas santri al-izzah. Suasana hening di dalam kelas serasa hikmat dengan didampingi hembusan angin ditengah musim kemarau di kampus yang asri di lereng bukit di Kota Batu. Ujian tengah kenaikan kelas serempak dilaksanakan. Ujian SMP dimulai tanggal 21 hingga tanggal 29 Mei 2018, sedangkan SMA tanggal 21 hingga tanggal 31 Mei 2018. Hari pertama ujian terlaksana dengan baik, santri mempersiapkan perlengkapan dengan baik dan mengikuti ujian dengan cermat.

Dengan mengikuti ujian tersebut diharapkan santri mampu untuk mengukur tingkat kemampuan belajar dalam bidang akademik, yang nantinya akan dilaporkan pada saat penerimaan raport. Semoga ujian kali ini santri mampu mendapatkan hasil yang terbaik.

SMA Al Izzah Peringkat I Unas Se-Malang Raya, Nilai IPA Bulat 100

SMA Al Izzah menjadi peringkat pertama Unas tahun 2018 Se-Malang Raya. Hal tersebut sekaligus menjadi peringkat ke tujuh se-Jawa Timur di atas SMA Negeri 3 Malang yang menjadi peringkat ke sembilan. Di dalam hal ini program yang unggul adalah mata pelajaran IPS, sedangkan untuk IPA SMA Al Izzah memperoleh peringkat ke-17 se-Jawa Timur.
Keunggulan yang diperoleh lain khususnya mata pelajaran IPA, ada tiga anak yang mendapat nilai sempurna, yaitu 100. Mereka adalah Arinni Dewi Ambarningrum kelas 12 IPA 1 asal dari Surabaya, selanjutnya Maimanah Zumaro Ummi Faiqoh siswi kelas 12 IPA 1 asal Bangkalan, ketiga, siswi atas nama Ratna Isti Utami kelas 12 IPA 2 asal Nganjuk . Maimanah mendapatkan nilai rata-rata tertinggi IPA yang mendapat nilai 361,5, disusul kemudian siswi atas nama Nisrina Nursyiana kelas 12 IPS 1 asal Kediri mendapat nilai rata-rata tertinggi IPS yaitu 351,5.
Terkait hasil nilai ini tidak lepas dari usaha dan doa. Usaha yang dilakukan melalui proses yang maksimal (KBM yang disinergiskan dengan ibadah) yang disesuaikan dengan style Al Izzah melalui evaluasi setiap tahunnya. Strategi yang lebih jitu dgn memahami karakter setiap anak kelas 12 yang setiap tahun selalu berbeda di samping itu perlu pendekatan yang intensif oleh guru ke siswa dengan arahan langsung dari kepala sekolah selaku penanggung jawab.
Di samping itu kerjasama yang terus menerus atau istiqomah ditingkatkan antara sekolah dengan lembaga, support doa dan program terarah yang telah ditentukan oleh sekolah. Kontrol langsung secara kontinu amat penting dari kepsek terkait pelaksanaan program dan interaksi langsung dengan siswa dan guru. Selain itu harus selalu mengikuti informasi dan kebijakan terbaru sehingga dapat menyesuaikan situasi dan kondisi. Berikutnya evaluasi program secara rutin setiap minggu diadakan program program penunjang. Terakhir kenyamanan sekolah, guru, dan siswa selalu dikondisikan agar proses pelaksanaan program bisa maksimal, ungkap Ustadz, Noor Haryanto, S.Pd selaku kepala SMA Al Izzah.