Jadwal Tes Seleksi Calon Santri Baru SMP-SMA Al Izzah Tahun Pelajaran 2018-2019

Berikut kami informasikan jadwal pelaksanaan tes seleksi masuk santri baru tahun pelajaran 2018-2019.

AL-IZZAH KELAS PUTRI


PROGRAM SMA (2 hari)

Sabtu, 06 Januari 2018

06.45 – 07.45 WIB   Check in peserta

07.45 – 10.00 WIB   Persiapan dan Tes Akademik

10.15 – 11.30 WIB   Tes Al Qur’an

11.30 – 12.30  WIB    ISOMA

12.30 – 14.00 WIB   Tes Al Qur’an (Lanjutan) – Pengukuran Seragam

14.00 – selesai

Minggu, 07 Januari 2018

07.30 – 08.30 WIB   Pemaparan Program Penjurusan untuk Orang tua

07.00  – 10.00 WIB   Tes Psycology Penjurusan (IPA/IPS)

10.00  – 11.30  WIB   Interview Calon Santri dan Orang Tua

11.30 – 12.30  WIB    ISOMA  – Interview (Lanjutan)

12.30  – Selesai

PROGRAM SMP (1 hari)

Minggu, 07 Januari 2018

06.45 – 07.30 WIB   Check in peserta

07.30 – 09.30 WIB   Tes Psycologi

09.30 – 11.30 WIB   Tes Akademik

11.30 – 12.30  WIB   ISOMA

12.30 – 14.00 WIB   Tes Al Qur’an – Pengukuran Seragam

14.00 – selesai

AL-IZZAH KELAS PUTRA


Program SMA (2 hari)

Sabtu,  27 Januari 2018

06.45 – 07.45 WIB   Check in peserta

07.45 – 10.00 WIB   Persiapan dan Tes Akademik

10.15 – 11.30 WIB   Tes Al Qur’an

11.30 – 12.30  WIB    ISOMA

12.30 – 14.00 WIB   Tes Al Qur’an (Lanjutan) – Pengukuran Seragam

14.00 – selesai

Minggu, 28 Januari 2018

07.30 – 08.30 WIB    Pemaparan Program Penjurusan untuk Orang tua

07.00  – 10.00 WIB   Tes Psycology Penjurusan (IPA/IPS)

10.00  – 11.30  WIB   Interview Calon Santri dan Orang Tua

11.30 – 12.30  WIB    ISOMA – Interview (Lanjutan

12.30  – Selesai

Program SMP (1 hari)

Minggu, 28 Januari 2018

06.45 – 07.30 WIB   Check in peserta

07.30 – 09.30 WIB   Tes Psycologi

09.30 – 11.30 WIB   Tes Akademik

11.30 – 12.30  WIB   ISOMA

12.30 – 14.00 WIB   Tes Al Qur’an (Lanjutan) – Pengukuran Seragam

14.00 – selesai

Ujian Tahfidul Qur’an Akbar

Ujian tahfidzul qur’an atau yang biasa disebut UTQ adalah salah satu jenis ujian yang diselenggarakan LPMI Al-Izzah untuk mengetahui kemampuan hafalan Al-Quran santriwati Al-Izzah. Dimana dalam UTQ tersebut santriwati diberikan salah satu potongan ayat Al-Qur’an dan wajib baginya untuk menyambungnya sampai batas yang ditentukan dewan juri dan tentunya disaksikan oleh seluruh santri yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini (18/11/2017), peserta UTQ Akbar adalah santriwati kelas 12 SMA Al-Izzah. UTQ dimulai dari jam 7 pagi, seluruh santriwati SMA merapat memenuhi mega hall. Dewan juri kali ini adalah Syekh Utsman Al-Hafidz. Kali ini UTQ yang diujikan adalah 4 juz, yaitu juz 30, 29, 28, dan 27, setiap juz diajukan 1 pertanyaan. Seluruh peserta pun bergantian menaiki podium yang telah disediakan, satu per satu peserta pun diberikan pertanyaan secara bergantian menurut kelompok atau kloter, dan dalam satu kelompok terdapat kurang lebih 7 orang.

Acara UTQ pun dilanjutkan setelah ishoma, karena kelompok yang melaksanakan UTQ kurang lebih menghabiskan setengah jam untuk menyelesaikan pertanyaan – pertanyaan yang diajukan.

UTQ pun berjalan lancar tanpa ada suatu hal yang mengganggu. Acara pun berakhir pukul 4 sore. Acara berakhir dengan ucapan hamdalah dari seluruh santriwati yang ada dalam mega hall.

Diharapkan dengan adanya UTQ tahun ini, dapat membuat santriwati lain yang belum melaksanakan UTQ termotivasi dan semakin semangat dalam memurajaah hafalannya.

Al Izzah Juara I Student Journalistic se-Malang Raya

Santri Al-Izzah tak hanya unggul di bidang tahfidz dan keagamaan, namun juga di bidang akademik dan olimpiade. Dalam hal ini prestasi kembali diraih santri  al izzah di bidang jurnalis yang dilaksanakan di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.

Lomba yang dipromotori oleh Malang Post tersebut mengantarkan M. Isaura Ranti Winandari, santri kelas 8B meraih juara pertama. perlombaan yang dilaksanakan di tanggal 13-15 November 2017 tersebut mengambil tema “ MSC 2K 17 Malang Post”

Dengan bertambahnya perolehan prestasi ini diharapkan bisa memotivasi siswa lain untuk lebih giat dan semangat lagi dalam berprestasi, khususnya di bidang media tulis. Selain itu juga sebagai pemantik untuk berjiwa juang tinggi dan pantang menyerah untuk meraih prestasi di bidangnya masing masing. Perolehan Prestasi dalam sebuah lomba yang prestisius diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi santri lainnya dan penyejuk hati bagi kami, guru dan orang tua, ungkap Ustadzah Uyunun Safira, S.Pd selaku pendamping lomba.

SMP Al-Izzah Borong Juara Ajang Olimpiade Tingkat Nasional

SMP Al-Izzah kembali memborong juara dalam ajang olimpiade tingkat Nasional. Darul Fikri Islamic Festival (DIFEST) yang dilaksanakan di PPTQ Darul Fikri Sidoarjo, dalam agenda tahun ini mengangkat tema “ Pemuda Indonesia Berkarakter dan Berprestasi”, acara dilaksanakan pada hari Sabtu 11 November 2017. Al-Izzah mengirimkan beberapa santri, setelah mengikuti babak penyisihan dan perjuangan yang sulit alhamdulillah santri al-izzah berhasil memborong juara. Para peraih Juara tersebut antara lain : Sabrinna Falasifa pemenang pertama olimpiade IPA dan Raissa Rana mendapat peringkat I Olimpiade PAI. Sedangkan Annisa Kharisma kelas 9A menjadi juara I Dai Muda, Rajwa Althaf juara III Baca Tulis Puisi.

Keberhasilan di lomba ini diharapkan “Mencetak pemuda yang berkarakter dan berprestasi, serta ke depan bisa lebih baik dan bisa menginspirasi teman-temanya”, ungkap Ustadzah Ayu Pradiska P, M.Pd selaku pendamping lomba DIFEST 2017.

Di bidang yang lain santri Al Izzah juga berprestasi. Sabrina Rahmadhia Yunar kelas 8B meraih juara III mendongeng tingkat Jawa Timur di SMAN I Malang dalam rangka memperingati bulan bahasa. Lomba yang diikuti oleh Siswa SMP dan MTs. Se-Jawa Timur tersebut diharapkan bisa menjadi ajang untuk mengembangkan bakat dalam mendongeng untuk dilestarikan oleh generasi muda.

 

Integrasikan Al Qur’an Dengan Ilmu Pengetahuan Melalui Studi Sains

Senin, 6 November 2017 Siswa kelas X SMA Al Izzah Batu mengadakan studi integrasi ke wisata petik madu dan Pocari Sweet. Agenda ke wisata petik madu tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB dan ke Pocari Sweat pada pukul 14.00 – 15.00 WIB.

Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka program sekolah untuk menambah pengetahuan, pengalaman serta integrasi pembelajaran yang ada di dalam Al Quran ke dalam lingkungan. Adanya agenda tersebut diharapkan siswi mampu dan tahu tentang proses pengolahan madu dan proses pembuatan Pocari Sweat. Misalnya dalam kegiatan di wisata petik madu, siswi mendapatkan banyak informasi tentang jenis-jenis lebah, pembagian koloni lebah, waktu pemanenan, dan kualitas madu yang baik. Selain itu juga mengetahui cara mencetak ratu lebah, madu asli, serta proses pembuatan madu.

“Melalui pembelajaran tersebut diharapkan siswi mengetahui secara langsung objek pembelajaran secara langsung yang sangat dibutuhkan agar siswa faham secara langsung dari  pelajaran yang diikuti di sekolah” ungkap Ustadz Saiful Bahar selaku pendamping kegiatan.

Studi Banding SMA Tunas Luhur Probolinggo di SMA Al-Izzah

Studi Banding SMA Tunas Luhur Probolinggo Jawa Timur, ke Al Izzah International Islamic Boarding School Batu Dalam Kajian Program Unggulan Tahfidzul Qu’ran

Pada Hari senin , Tanggal 30 Oktober Pesantren Al Izzah mendapat kunjungan stadi banding dari SMA Tunas Luhur Paiton Probolinggo. Pemaparan program Tahfidzul Quran diisi oleh ust Nur Faqih, M.Pd.I. Diantaranya adalah pemaparan tentang program Tahfidz Hafal 7 Juz al-Qur’an untuk kelas Internasional SMP, Olimpiade SMP, serta 15 (lima belas) juz untuk kelas Takhassus SMP, program SMA IPA dan IPS. Dengan tujuan pembelajaran sesuai target jaminan mutu pada program kepesantrenan adalah Mampu membaca al-Qur’an secara benar sesuai makhraj dan tajwidnya dengan standar bacaan metode ummi, dan juga hafal semua hadits yang terdapat dalam kitab hadits Al-Arba’in al-Nawawiyah,

Selain itu santri dituntut mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab,  mampu membaca kitab berbahasa arab secara sederhana. Adapun proses pembelajaran tahfidzul Quran adalah kegiatan belajar diniyah (materi ulumuddin) secara formal dilaksanakan setiap ba’da subuh, ba’da ashar, ba’da maghrib, dan jam reguler sekolah. Kurikulum pendidikan yang digunakan disini adalah kurikulum khusus yang disetting berdasarkan kebutuhan dan ciri khas yang ingin dimunculkan oleh lembaga, berdasarkan target yang ditetapkan, maka penataan jam pelajaran ulumuddin lebih ditekankan pada muatan materi pangembangan al-Qur’an dan bahasa Arab.

Acara tersebut di hadiri oleh 15 peserta dari Tim pembina dan pengelolaan di SMA Tunas Luhur Probolinggo Jawa Timur diantaran ust Ya’kub selaku kepala divisi Tahfidz, Ust Ardiansyah selaku waka kesiswaan, Ustdh Shinta Swastiningtyas selaku waka kurikulum, Ust Wahono selaku Kepala lembaga Pendidikan Al Quran, Para Asatidz Al Quran dan  beberapa Tim pembina yang lainya, dengan slogan visi dan misi pendidikan di Al Izzah mencetak generasi taqwa, cerdas dan mandiri mencetak generasi yang mampu menjadi inspirasi kebangkitan umat Islam.

SMA Islam Al-Azhar 1, Studi banding Program Tahfidz di Al-Izzah

SMA Islam Al-Azhar 1, Studi Banding Program Unggulan Tahfidz Al-Quran di SMA Al- Izzah International Islamic Boarding School Batu

Kota Batu, SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta melaksanakan program Stadi Banding di Pesantren Modern Al-Izzah Inspirasi Kebangkitan Ummat Islam, pada hari kamis sampai dengan hari jumat , tanggal 26-27 Oktober 2017. Rombongan terdiri dari 9 peserta yang terdiri dari pengurus dan dewan guru. Turut mendampingi bapak Ngadiman selaku kepala sekolah SMA Islam Al-Azhar, ibu Kidung wulandari selaku bidang Humas, bapak Bukhari selaku bidang kepengasuhan.

Dalam acara studi banding tersebut berlangsung dengan antusias. Ust Shafi Antoni sebagai pembawa acara memberikat 3 sesi susunan acara, yaitu mulai dari pemaparan program hingga sesi tanya jawab dan surve kampus dan kegiatan belajar. Dalam agenda kali ini narasumber oleh Ust Nur Faqih, M.Pd.I selaku perwakilan dari lembaga emmaparkan materi sesuai permohonan di awal untuk di kaji  Bersama . Diantara materi yang di paparkan adalah  Program IPA Hafalan Al Quran 15 Juz, Program IPS Hafalan Al Quran 15 Juz, Program Sukses UN-PTN favorit, Program TOEFL, Program Kuliah ke Luar Negeri, Program Student Exchange, Program School Culture, Program Dakwah Masyarakat.

Acara berlanjut dengan forum dialog  dan diskusi beserta tanya jawab. Agenda di hari ke dua hari Jumat tanggal 27 Oktober yaitu forum silaturrahmi dengan tim sekolah SMA Al-Izzah yang di dampingi langsung Oleh Ust Nur Hariyanto selaku kepala sekolah SMA Al-Izzah, ust Hamzah selaku waka penilaian, ust Faisal selaku tata usaha sekolah, ust Syaifuddin, M.Pd.I selaku kaordinator mata pelajaran ulumuddin , ust Sutresno, M.Pd.I selaku bidang SDM. Dalam acara tersebut berlanjut dialaog dan tanya jawab  seputar sisitem pembelajaran di SMA AL- IZZAH Kota Batu.

Nuha Mehrunisa Juara I OSN Malang Raya

 

Physics Competition (Photon) 2017 menjadi ajang bergengsi bagi siswa SMP di se-Indonesia. Olimpiade yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Universitas Negeri Surabaya mengambil tema “One step to be scientist with phisics

Olimpiade yang dilaksanakan di Fakultas MIPA UNESA pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017 tersebut mengantarkan Nuha Mehrunisa menjadi Juara I OSN Rayon Malang Rayasekaligus masuk ke semifinal tingkat Jawa Timur, yang akan berlangsung di Surabaya. Pengalaman ini diharapkan bisa menambah pengalaman yang berharga dan menunjukkan bahwa generasi Islam juga mampu bersaing dalam bidang akademik dalam tingkat Nasional maupun International.

Ustadzah Vita Feridiana, S.Pd selaku pembimbing ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa dengan OSN ini diharapkan bisa mendapat pengalaman yang baik, khususnya pada perlombaan fisika, sehingga pengalaman ini menjadi bekal untuk ajang OSN dan perlombaan selanjutnya yang ingin diikuti.

Studi Banding SMP IT Smart Insani Islamic Biligual School Lampung Tengah

Kota Batu, dalam rangka kegiatan kunjungan belajar study tour untuk menambah Ilmu pengetahuan dan teknologi serta wawasan peserta didik telah melakukan kunjungan di pesantren peradaban Al Izzah. Kunjungan ini tepatnya pada hari rabu, 25 Oktober 2017.  Agenda dimulai pukul 09.00 WIB samapai pukul 11.30 WIB dengan jumlah peserta 38 siswa dan 4 pendambing.  Dalam agenda tersebut al izzah diwakili oleh bagian kesekretariatan ust Nur Faqih, M.Pd.I. Dalam pertemuan tersebut beliau  menyampaikan visi dan misi serta tujuan pendidikan di Al Izzah yaitu : Terwujudnya lembaga pendidikan muslimah yang unggul dan kompetitif hingga dapat melahirkan generasi muslimah yang memiliki kemampuan memikul amanah Allah sebagai hamba dan kholifah-Nya.

Adapun ukuran dari indikator dari visi dan misi tersebut di antaranya adalah peserta didik unggul dalam bidang akademik dan non akademik, guru unggul dalam inovasi pembelajaran, sekolah mampu menghasilkan outcomes seorang muslimah yang berkarakter memikul amanah Allah.

Perihal yang sangat mendasar dari misi pendidikan dianataranya adalah menyelenggarakan lembaga pendidikan muslimah dengan sistem integral yang memadukan aspek intelektual, mental-spiritual dan life-skills sehingga dapat melahirkan generasi muslimah yang bertaqwa, cerdas dan mandiri.

Lembaga Pendidikan Muslimah Indonesia program SMA memiliki tujuan melahirkan muslimah yang  berakhlaq mulia  yang :

  • Memiliki aqidah yang lurus, kokoh, dan jauh dari penyimpangan
  • Mampu melaksanakan ibadah wajib dan sunnah secara benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.
  • Memiliki akhlak yang terpuji (Al-Akhlak Al-Karimah)
  • Memiliki jiwa keislaman dan semangat perjuangan
  • Lulus Uji Kompetensi Standar Nasional (UAN)
  • Lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri sesuai jurusan yang diminati
  • Siap bersaing dalam kompetisi sain dan matematika
  • Hafal 15 (lima belas) Juz Al-Qur’an
  • Mampu berkomunikasi secara sederhana dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris

Demikian pemaparan materi yang di sampaikan sebagai bekal buat peserta didik dan staf pengurus di SMP IT Smrat Insani  di Lampung tengah semoga menjadi manfaat.