Membuka Pendaftaran Santri Baru Gelombang II SMA Putra

Pendaftaran SMP PUTRA TUTUP, SMP & SMA PUTRI TUTUP.

Untuk memenuhi kuota dan memberi kesempatan kepada yang ingin mendaftar pada program  SMA Putra, kami membuka kembali pendaftaran Gelombang ke-2. Untuk waktu pelaksanaan gelombang ke-2  SMA pendaftaran dimulai pada bulan Januari – Maret 2018. Pendaftaran dapat melalui online ataupun langsung datang ke kantor sekretariat al-izzah.

Untuk Pendaftaran ONLINE silahkan klik sesuai dengan jenjang pada link dibawah ini:

Learning Visit ke Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang

Alhamdulillah, pada hari Kamis,  15 februari 2018, santriwati SMA Al Izzah mengadakan kunjungan  ke Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Agenda ini bertujuan sebagai sarana komunikasi antara pihak Universitas dan SMA Al Izzah  yang diharapkan akan meningkatkan kerjasama, khususnya dalam bidang informasi dan mekanisme masuk ke perguruan tinggi.

Kunjungan pertama kali yang kita laksanakan adalah ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Dalam kunjungan ini,  kami disambut langsung oleh Wakil Direktur II, Bagian Kemahasiswaan dan juga Ka Tata Usaha dan beberapa Staff Fakultas Pertanian  yang menyampaikan visi dan misi dan hal –hal tentang profil lulusan.  “Kami selalu meningkatkan kualitas lulusan menuju fakultas terbaik yang berdaya saing internasional”. Kata Wakil Direktur II, Bagian Kemahasiswaan.

Kunjungan selanjutnya kami menuju Universitas negeri Malang, kami menuju Fakultas MIPA dan Sastra, Alhamdulillah kami disambut dengan sangat luar biasa oleh perwakilan masing-masing jajaran dari masing masing fakultas.  Di fakultas sastra kita langsung di sambut oleh kepala Jurusan Sastra Arab, Beliau menyampaikan bahwa Fakultas Sastra begitu antusias menyambut kedatangan kami. Karena alumni SMA Al Izzah sudah menunjukkan lulusan mempunyai kompetensi yang baik dengan disertai hafalan beberapa juz Al Qur’an. Sehingga hal ini menjadikan SMA Al Izzah sebagai sekolah yang mempunyai daya saing tinggi.

Semoga dengan kegiatan Learning Visit  akan semakin menambah motivasi santri untuk belajar lebih giat dalam perjuangan menuju seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang akan datang.  Aamiin ya Robbal Alamiin.

1001 Prestasi SMP – SMA Al-Izzah di Tahun 2018

Pada Akhir minggu keempat bulan februari, siswi al-izzah baik SMP ataupun SMA memiliki agenda yang padat. Semua siswi sibuk untuk mempersiapkan ujian sekolah. Beberapa agenda kegiatan persiapan mulai dengan tambahan belajar sore hingga kegiatan penyegaran dengan melakukan outing ke beberapa tempat wisata di Kota Batu. Akan tetapi kepadatan agenda tersebut tidak mematahkan semangat para siswi untuk terus meraih prestasi. Terbukti dengan diborongnya Juara Olimpiade di berbagai tempat hingga mengumpulkan 1001 Juara ditahun 2018.

Kamis, (15/2) merupakan hari yang membanggakan bagi segenap santri dan guru Al Izzah. Kebahagiaan itu tercermin dari raut wajah mereka setelah meraih prestasi di berbagai perlombaan. Perlombaan yang diadakan oleh SMA Islam Sabilillah Malang mengantarkan beberapa siswa menjadi juara. Diantaranya: juara Spelling Bee, Olimpiade PAI, Olimpiade IPS, dan Olimpiade MIPA.

Pemenang lomba tersebut diantaranya:Spelling Bee: Juara 1, Nasya Zaneta Saputri siswi kelas  7C, Juara 3, Maritza Tsabita kelas 7D. Kemudian Olimpiade Pendidikan Agama Islam, Juara 3 diraih oleh Carissa Salsabila 8B. Berikutnya Olimpiade IPS, Juara I diraih oleh Nisrina Khairunnisa kelas 7B, Nazla Hana Shafiya Azani 7B, Annisa Amartya Dewi kelas 7B.

Sedangkan peringkat II diperoleh kelompok Azzah Alimatus Sholehah, Alya Aura Arfiana Putri, dan Yasmin Mutia Salina, yang semuanya siswi kelas 8B. Berikutnya, juara III,diraih oleh kelompok Mutiara Zahra Ramadhani, Farah Febrina Yofianka, Cindy Fatihah Indrastata, siswi kelas 7B. Berikutnya, Olimpiade MIPA, Juara pertama diperoleh Adilatul Alia, peringkat kedua Diana Puspita dan ketiga Adlin Arum Anindita kelas 8B.

Tidak kalah dengan SMP, santri SMA Al Izzah juga berprestasi di lomba madding 3D yang diselenggarakan mahasiswa jurusan teknik Universitas Brawijaya Malang. Santri Al Izzah meraih juara III tingkat Malang Raya yang dilaksanakan Sabtu, 17 Februari 2018. Berhasilnya memperoleh juara tersebut diharapkan siswa bisa berprestasi yang lebih baik lagi, ungkap Ustadzah Noni dan Ustadz Willy Prasetyawan selaku pembimbing lomba.

Study Banding Darul Fikri ke Al-Izzah

Pesantren Al-Izzah kembali kedatangan tamu study banding dari pondok pesantren tahfidz al-Qur’an Darul Fikri, lembaga pendidikan Islam jenjang pendidikan SMPIT dan MAIT. Mirip dengan slogan Al-Izzah “ Taqwa Cerdas Mandiri, Menjadi pesantren Modern Inspirasi Kebangkitan Ummat. ”, darul fikri memiliki Slogan “ menjadi lembaga yang menyiapkan calon pemimpin berkarakter, berprestasi dan hafal al-Qur’an”. Agenda study banding tersebut al-izzah  diwakili oleh ust. Nur Faqih selaku bagian Humas dan kesekretariatan al-izzah.

Dalam pertemuan tersebut beliau memaparkan tentang kurikulum dan program – program unggulan yang menjadikan al-izzah sebagai sekolah unggulan, salah satunya adalah program tahfidz 15 Juz.

Agenda study banding dihadiri oleh 14 peserta, yang terdiri dari para Pembina SMPIT-MAIT dan jajaran pengurus kelembagaan dan juga para guru. Semoga dangan agenda study banding seperti ini dapat pemerkuat hubungan antar lembaga Islam yaitu untuk membangun kembali kejayaan peradaban Islam, dengan istiqomah mencetak generasi mujahidah berjiwa juang tinggi dan mampu memberikan dampak sosial ditengah masyarakat.

Proses Tes Seleksi Guru Al-Izzah Tahap 2

Tes seleksi tahap 2 calon guru al-izzah diadakan pada hari sabtu, tepatnya tanggal 03 februari 2017. Agenda tersebut diikuti oleh 43 calon guru yang sebelumnya telah lolos seleksi tahap pertama. Dalam tes tahap dua ini adalah psikotes dan interview. Agenda berjalan dengan lancar dan sukses ” harapannya adalah dapat terseleksinya guru-guru berkompeten para mujahid yang sesuai dan sejalan dengan visi-misi Lembaga Al-Izzah”, ungkap ustad sutrisno selaku ketua panitia perekrutan guru dan karyawan sekaligus Kepala PSDM.

Peningkatan Pelayanan Informasi ” Perubahan Alamat Email “

Untuk meningkatkan pelayanan informasi melalui media online salah satunya adalah email, maka pada tahun pelajaran baru al izzah merilis alamat-alamat email yang resmi, sehingga mampu mengurangi penyalah gunaan alamat email dan lebih memudahkan untuk mengirimkan informasi melalui unit terkait. Dengan email baru ini maka email yang lama tidak dipakai kembali. Berikut email baru yang akan digunakan lembaga dan sekolah sebagai media resmi digital melalui email:

  1. Email HUMAS : humas@alizzah-batu.sch.id
  2. Email HRD : hrd@alizzah-batu.sch.id
  3. Email SMP : smp@alizzah-batu.sch.id
  4. Email SMA : sma@alizzah-batu.sch.id
  5. Email Accounting/Keuangan : accounting@alizzah-batu.sch.id
  6. Email Perijinan :  perijinansantri@alizzah-batu.sch.id

Gerhana Merupakan Bentuk Bantahan Allah Pada Fenomena Penyembahan Pada Matahari dan Bulan

Gerhana Bulan terjadi pada  31 Januari 2018 boleh disebut Super-Blue-Blood-Moon. Supermoon. Yakni karena jarak bulan masih terdekat dengan bumi. Sehingga purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya. Kemudian karena disebut Blue moon karena ini purnama kedua pada bulan Januari, setelah 1 Januari lalu. Selain itu gerhana bulan total juga sering disebut Blood Moon karena saat gerhana total bulan tampak merah darah.

Gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut “khusuf”. Dalam Islam saat terjadi fenomena gerhana bulan kita dianjurkan untuk mengerjakan salat sunah dua rakaat atau disebut juga salat sunah khusuf. Ulama bersepakat bahwa salat sunah ini hukumnya sunah muakkad baik bagi laki-laki atau perempuan. Al-Izzah melaksanakan salat sunah dua rakaat berjamaah yang diikuti  oleh seluruh santri SMP dan SMA, pada pukul 20.00 WIB.

Gerhana bulan dan matahari merupakan fenomena alam yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Kemunculan fenomena ini dapat diprediksi dan dapat diperhitungkan. Pergantian antara bulan dan matahari berjalan sangat teratur. Ada hukum ketetapan yang telah mengaturnya. Dalam Alquran, hal ini dijelaskan pada Surat Ar Rahman ayat 5.

” Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan.

Pada titik tertentu, peredaran bulan akan menimbulkan gerhana. Sebuah peristiwa ketika bulan, bumi, dan matahari, berada pada posisi sejajar. Semua telah digariskan oleh Sang Pencipta, Allah SWT. Gerhana merupakan pertanda keagungan dari kekuasaan Allah yang begitu sempurna.

Selain itu, gerhana juga merupakan bentuk bantahan Allah pada fenomena penyembahan pada matahari dan bulan. Keyakinan yang menempatkan matahari dan bulan sebagai sesembahan dianut oleh bangsa-bangsa besar zaman dulu.

Dalam Surat Al Fushshilat ayat 37, Allah SWT berfirman,

” Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian sujud (menyembah) matahari maupun bulan, tapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika memang kalian beribadah hanya kepada-Nya.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri menjelaskan gerhana tidaklah terkait dengan kelahiran atau kematian seseorang. Kejadian ini murni sebagai fenomena alam. Penjelasan ini tertuang dalam hadis riwaya Bukhari dan Muslim.

” Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua ayat (tanda) di antara ayat-ayat Allah. Tidaklah terjadi gerhana matahari dan bulan karena kematian seseorang atau karena hidup (lahirnya) seseorang. Apabila kalian melihat (gerhana) matahari dan bulan, maka berdoalah kepada Allah dan sholatlah hingga tersingkap kembali.

Kunjungan Santriwati SMA Al-Izzah ke Gontor Putri 1

Untuk mempelajari sebuah ilmu, tidak hanya dibutuhkan metode pengajaran saja. Diperlukan praktik dan pembiasaan untuk menunjang pembelajaran. Sebagaimana yang kita ketahui, Gontor merupakan pondok modern yang menerapkan praktik berbahasa asing di lingkungan sehari-hari. Oleh karena itu, Al-Izzah yang merupakan sekolah bertaraf internasional melakukan study comparative selama 3 hari di Gontor Putri 1, guna memperdalam dan membiasakan  bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Pada hari Minggu, 14 Januari 2018, santri sejumlah 91 orang berangkat dari Al-Izzah. Sesampainya di Gontor Putri 1, santri beserta para pembimbing disambut oleh ustadz Fairuz selaku direktur Gontor Putri 1. Setelah itu, santriwati Al-Izzah diajak untuk berkeliling pondok oleh santri-santri OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern) untuk melihat kegiatan berbahasa yakni muhadhoroh.

Keesokan harinya, santriwati Al-Izzah mengikuti kegiatan matrikulasi bahasa inggris yang dilanjutkan dengan memainkan drama berbahasa inggris dalam kelompok yang sudah ditentukan. Setelah itu, seluruh santri dibagi menjadi dua kelompok besar untuk mengikuti kegiatan non akademik yaitu memasak kebab dan membuat seni akrilik. Ba’da ashar, santri Al-Izzah melangsungkan pertandingan persahabatan basket dan memanah dengan santri Gontor, dilanjutkan dengan senam bersama.

Hari terakhir, santriwati Al-Izzah mengikuti kegiatan matrikulasi bahasa arab yang dilanjutkan dengan permainan kata berpasangan (bahasa inggris dan bahasa Arab). setelah itu, santri diajak berkeliling industry milik Gontor sendiri, yakni bakery dan budidaya lele. Ba’da ashar, santri yang sudah dibagi kelompoknya mengikuti perlombaan tradisional yang diadakan oleh santri OPPM antara lain bakiak, egrang, hulahop, balap karung dan Tarik tambang.

Malam harinya, santriwati Al-Izzah melakukan forum perpisahan dengan santri OPPM yang selama ini menemani seluruh rangkaian kegiatan santri Al-Izzah di Gontor Putri 1. Dalam forum perpisahan, baik santri Al-Izzah maupun santri OPPM memberikan kesan dan pesannya selama 3 hari ini. Acara ditutup dengan foto bersama dengan melantangkan salam sukses.

Dengan adanya study comparative ini, diharapkan mempererat tali silaturahim antara Al-Izzah dan Gontor Putri, serta memajukan penggunaan bahasa inggris dan arab di masing-masing pondok. Amin.

 

Workshop Pemikiran dan Peradaban Univ. Darussalam Gontor di Al-Izzah

Al-Izzah Kembali kedatangan tamu, mereka adalah para mahasiswa program kaderisasi ulama ke-11 Universitas Darussalam Gontor. Seperti dalam tahun-tahun sebelumnya al-izzah bekerjasama dalam bidang studi pendidikan Islam dengan Lembaga Pendidikan Islam Gontor, baik dalam pertukaran pelajar jenjang SMA dalam program bahasa maupun dengan beberapa program penempatan agenda workshop dan kuliah umum.

Dalam agenda Workshop Pemikiran dan Peradaban kali ini diadakan di Megahall kampus al-izzah pada tanggal 8 januari 2018, kegiatan ini diikuti oleh kaderisasi Ulama 42 orang dan 5 dosen pembimbing. Dalam agenda workshop pada kali ini mengangkat beberapa tema yaitu: a. Mengulas kembali teori evolusi Charles Robert Darwin, b. Kritik Konsep Keluarga Perspektif Gender, c. Konsep Peradaban dalam Islam. Agenda acara pembukaan sambutan dari al-izzah dilanjutkan dengan sambutan perwakilan gontor, dan langsung masuk pada sesi utama pembahasan topik tema.

Dengan terselenggaranya acara ini  adalah untuk menjalin Silaturrahim antar lembaga Islam yaitu lembaga Pendidikan Islam Gontor dengan keluarga besar Lembaga Pendidikan Islam Al-Izzah. Agenda whorlshop juga dihadiri seluruh santri SMA dan beberapa guru diniyah, dengan serta mengikuti acara ini  santri SMA diharapkan mampu menambah Ilmu dan wawasan tentang tema yang diangkat. Semoga kegiatan ini dapat Istiqomah dalam tahun-tahun berikutnya.

Adilatul Alia Kembali Meraih Prestasi Dalam Olimpiade se-Malang Raya

Satu lagi prestasi diperoleh santri SMP Al Izzah di ajang Olimpiade matematika se-Malang Raya yang diadakan di Laboratorium School Universitas Negeri Malang (UM). Olimpiade dengan tema “Competion, Fighting, be the Winner” tersebut dilaksanakan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) pada tanggal 20 Januari 2018.

Di dalam olimpiade yang diprakarsai oleh OSIS SMA Lab. UM tersebut mengantarkan  Adilatul Alia siswi kelas 8B menjadi Juara II. Perolehan prestasi tersebut ananda mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.750.000 dan tentunya mendapatkan pengalaman dan kebanggaan tersendiri.

“Ustadzah Vita, Faridiana selaku pendamping lomba yamg mewakili Ustadzah Tutik Masruroh, M.Pd selaku pembina lomba berharap dengan prestasi ini bisa memupuk mental juara, selain itu sebagai modal bagi anak olim bisa memahami medan perlombaaan, menambah jam terbang/ pengalaman bertanding untuk meraih juara di olimpiade IPA dan Matematika tegasnya.

Peserta Lolos Tes Seleksi Penerimaan Santri Baru SMP-SMA Putri, 2018-2019

 

Kami sampaikan selamat atas hasil yang terbaik dalam proses seleksi penerimaan santri baru al-izzah, semoga mampu menjadi anak didik kebanggaan, sebagai calon hafidzoh mujahidah generasi berprestasi andil dalam kebangkitan Islam di masa yang akan datang. Berikut daftar Peserta yang lulus Tes Seleksi SMP-SMA Al-Izzah Putra, silahkan download pada link berikut ini :