Peraih Nilai Sempurna UNBK Se-Kota Batu

iffat

Iffat Nabila, Satu-satunya Santriwati Peraih Nilai 100

Dari ratusan santri dan santriwati di Kota Batu, Iffat Nabila patut dijadikan contoh. Sebab, gadis berusia 18 tahun ini merain nilai sempurna pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA.

Bagaimana Perjuangannya?


Terkadang santri masih dipandang sebelah mata dalam hal prestasi pendidikan umum. Namun, Iffat Nabila mampu mematahkan anggapan itu. Santriwati yang juga siswi SMA Pondok Pesantren Al Izzah Batu ini mampu meraih nilai 100 untuk mata pelajaran (mapel) Matematika pada ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Bahkan, gadis kelahiran 21 Februari 1999 itu meraih nilai nyaris sempurna di semua mata pelajaran UNBK. Dia meraih nilai 98 untuk Bahasa Indonesia, 88 untuk Bahasa Inggris, 85 untuk Ekonomi, dan 100 untuk Matematika.

Dengan prestasi tersebut, Iffat berhasil masuk ke fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) melalui jalur undangan atau jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Selain itu, Iffat juga menjadi satu-satunya santriwati di Kota Batu yang meraih nilai 100 UNBK. Sebab siswa lain yang meraih nilai sempurna berasal dari sekolah umum.

Melalui sambungan telepon, gadis kelahiran Kabupaten Sidoarjo ini mengaku tak pernah menyangka kalau dirinya bakal meraih nilai sempurna pada mata pelajaran Matematika. Diauinya, sebelumnya dirinya tak pernah meraih nilai 100 pada mapel ini. Menurut Iffat, di sekolahnya banyak siswi lain yang jauh lebih pandai dari dirinya dalam pelajaran Matematika. bahkan, dia juga sering belajar kepada mereka saat kesulitan mengerjakan soal Matematika.

Iffat baru mempercayai keajaiban itu saat ada pengumuman resmi dari sekolah pada 30 April lalu. “Jangankan dapat nilai 100, dapat nilai diatas 90 saja sulit. Jadinya, ya, sempat nggak percaya (meraih nilai sempurna). ” kata Iffat Nabila kepada Jawa Pos Radar batu melalui telepon, kemarin (16/5).

Namun, Iffat meraih prestasi tersebut bukan karena kebetulan. Dia bisa dibilang pekerja keras, sangat tekun dalam belajar Terutama saat persiapan UNBK.