Strategi Langit dan Bumi Sebagai Langkah Hadapi UNBK

Hidup adalah ujian, itulah yang tertera dalam Q.S As Shaffat ayat 106 yang artinya: Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Berbagai strategi atau langkah dilakukan seseorang untuk menghadapi suksesnya sebuah ujian tersebut. Diantaranya srategi dunia dan langit. Strategi dunia meliputi belajar dan menghadapi masalah melalui menyelesaikan setiap persoalan. Sedangkan strategi langit meliputi, istiqomah sholat wajib, sunah, sodaqoh, dan amalan-amalan yang lain, seperti santunan dan motivasi.

Itulah yang dilakukan santri Al Izzah dalam menghadapi ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan Senin hingga Kamis 23-26 April 2018. Hari pertama ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian matematika, selanjutnya bahasa Inggris, dan terakhir IPA. Mereka setelah belajar secara maksimal, untuk menyempurnakan syariatnya dengan melakukan kunjungan ke pesantren Ar Ridwan Mojorejo yang diasuh oleh Ustadz Yakub. Kunjungan ke panti asuhan tersebut dlaksanakan pada hari Jumat (20/4) yang dikuti 131 siswi beserta sekitar 10 ustadz dan ustadzah.

Selain itu mereka juga mendapatkan motivasi dan pencerahan dari KH Munir Fathullah, pengasuh Pondok pesantren Yatim Piatu dan Dhuafa Darush Sa’adah Kota Batu. Di dalam motivasinya beliau bercerita terkait raja yang baik dan kurang baik yang intinya apa yang baik menurut manusia belum tentu terbaik menurut Allah, begitu juga apa yang diianggap tidak baik menurut manusia belum tentu tidak baik menurut Allah. Garis besarnya apapun yang terjadi pada manusia itu semua terbaik menurut Allah.