Ujian Tahfidul Qur’an Akbar

Ujian tahfidzul qur’an atau yang biasa disebut UTQ adalah salah satu jenis ujian yang diselenggarakan LPMI Al-Izzah untuk mengetahui kemampuan hafalan Al-Quran santriwati Al-Izzah. Dimana dalam UTQ tersebut santriwati diberikan salah satu potongan ayat Al-Qur’an dan wajib baginya untuk menyambungnya sampai batas yang ditentukan dewan juri dan tentunya disaksikan oleh seluruh santri yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini (18/11/2017), peserta UTQ Akbar adalah santriwati kelas 12 SMA Al-Izzah. UTQ dimulai dari jam 7 pagi, seluruh santriwati SMA merapat memenuhi mega hall. Dewan juri kali ini adalah Syekh Utsman Al-Hafidz. Kali ini UTQ yang diujikan adalah 4 juz, yaitu juz 30, 29, 28, dan 27, setiap juz diajukan 1 pertanyaan. Seluruh peserta pun bergantian menaiki podium yang telah disediakan, satu per satu peserta pun diberikan pertanyaan secara bergantian menurut kelompok atau kloter, dan dalam satu kelompok terdapat kurang lebih 7 orang.

Acara UTQ pun dilanjutkan setelah ishoma, karena kelompok yang melaksanakan UTQ kurang lebih menghabiskan setengah jam untuk menyelesaikan pertanyaan – pertanyaan yang diajukan.

UTQ pun berjalan lancar tanpa ada suatu hal yang mengganggu. Acara pun berakhir pukul 4 sore. Acara berakhir dengan ucapan hamdalah dari seluruh santriwati yang ada dalam mega hall.

Diharapkan dengan adanya UTQ tahun ini, dapat membuat santriwati lain yang belum melaksanakan UTQ termotivasi dan semakin semangat dalam memurajaah hafalannya.